in

Di Rumah Aja, Ini Tips & Trik Pakai Aplikasi Zoom saat Video Telekonferensi

Zoom merupakan aplikasi gratis. Hanya saja dibatasi hingga 40 menit dan 100 orang per sesi telekonferensi.

CakapCakapCakap People! Di tengah pandemi COVID-19 yang masih memperlihatkan tren peningkatan di seluruh dunia, orang-orang diinstruksikan untuk berada di rumah mereka sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona yang kini telah mencapai ke 199 negara.

Saat tinggal di rumah, orang menggantungkan obrolan atau percakapan melalui video telekonferensi agar mereka tetap terhubung satu dengan yang lain, terlebih ketika harus work from home (WFH) dan meeting secara online. Banyak dari mereka yang mengandalkan penggunaan aplikasi seperti Zoom — platform video konferensi — yang saat ini jadi makin populer.

Ilustrasi, seseorang sedang video conferencing. [Foto: rappler.com]

Dilansir dari Indian Express, Zoom sangat mudah digunakan lewat ponsel, laptop dan tablet. Penggunaan Zoom juga mirip Facetime dan Skype. Namun, Zoom mengembangkan diri untuk kebutuhan bisnis hingga semakin canggih.

Zoom merupakan aplikasi gratis. Hanya saja dibatasi hingga 40 menit dan 100 orang per sesi telekonferensi. Jika lebih dari itu maka dikenakan biaya mulai dari 15 dolar AS per bulan.

Nah, jika kamu ingin menggunakan aplikasi Zoom untuk berbagai kebutuhan, berikut adalah tips dan trik saat memakainya:

Cek audio

Zoom menyediakan uji coba audio sebelum telekonferensi resmi dimulai pada bagian pengaturan atau setting. Gunakanlah kesempatan itu untuk benar-benar memaksimalkan audio kamu.

Matikan mikrofon

Zoom mengizinkan mematikan mikrofon jika tidak bicara. Dengan begini suara kamu tidak akan terdengar jika tak berkaitan pembicaraan pada telekonferensi. Pencet lagi tombol mikrofon jika ingin bicara.

Ilustrasi. [Foto: Pixabay]

Rekam rapat telekonferensi

Zoom menyediakan fitur merekam kegiatan telekonferensi. Versi gratis dari aplikasi itu bisa menyimpan rekaman ke perangkat kamu. Jika ingin disimpan di cloud, ada biaya yang mesti dibayar.

Sembunyikan wajah

Jika tak ingin wajah terlihat, Zoom bisa melakukannya. Khususnya buat kamu yang sedang tidak mood dilihat orang lain. Kamu bisa menggunakan tangkapan layar sebagai foro profil.

Ubah latar belakang

Zoom mempunyai fitur latar belakang virtual. Sehingga kamu bisa mengganti latar sesuai keinginan jika latar di tempat kamu saat itu kurang menarik.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Buat Sendiri Wedang Ronde di Rumah Yuk, Mudah loh!

Belarus, Satu-satunya Negara di Eropa yang Tidak Khawatir dengan Covid-19