in

Memory Card Kapasitas 1TB, Ternyata Sudah Ada dari SanDisk!

CakapCakap – Berbagai inovasi terus dilakukan dan dibuat dalam bidang teknologi, termasuk dalam dunia komputasi. Cakap People tentu telah menyaksikan sendiri ada banyak perangkat komputasi baru dengan beragam kecanggihan dan keunggulan. Termasuk pula perangkat untuk penyimpanan data yang kini semakin banyak dan memanjakan para penggunanya. Bahkan, perangkat penyimpan data seperti memory card pun saat ini sudah tersedia dalam beragam kapasitas yang sangat besar.

SanDisk telah memperkenalkan memory card dengan kapasitas 1TB. Via kompas.com

Salah satu perusahaan produsen perangkat penyimpanan data, SanDisk telah meluncurkan sebuah memory card dengan kapasitas mencapai 1 terabyte (TB), seperti dilaporkan oleh laman Suara.com. “Memamerkan teknologi gambar termutakhir adalah sesuatu yang sangat menggembirakan bagi kami. Beberapa tahun lalu gagasan tentang memory card berkapasitas 1TB terlihat sebagai sebuah ide futuristik. Sangat menyenangkan untuk menyadari bahwa gagasan itu sudah jadi kenyataan,” ungkap Wakil Presiden SanDisk bidang manajemen produk, Dinesh Bahal, memberikan keterangan.

Meski memiliki kapasitas raksasa, ukuran memory card anyar itu tetap kecil, yang biasa digunakan pada kamera. SanDisk mengatakan bahwa memory card itu akan mendukung produksi konten-konten beresolusi tinggi, termasuk virtual reality, video pemantau, dan video 360 derajat. Memory card 1TB itu sendiri diperkenalkan di ajang Photokina 2016, sebuah pameran fotografi terbesar di Eropa yang ketika itu digelar di Cologne, Jerman. Momen itu tepat 16 tahun setelah perusahaan induk SanDisk, Western Digital pertama kali memproduksi memory card dengan kapasitas 64MB.

SanDisk pertama kali memperkenalkan memory card SanDisk Extreme Pro SDXC 1TB pada tahun 2016. Via ephotozine.com

Memory card jenis SD ini sendiri bernama lengkap SanDisk Extreme Pro SDXC 1TB, yang memiliki kapasitas dua kali lebih besar dibandingkan kartu memori SDXC terbesar sebelumnya, yakni 512 GB, seperti dimuat dalam laman Kompas.com. Secure Digital eXtended Capacity (SDXC) merupakan tipe memory card SD yang secara teori sanggup mendukung kapasitas maksimum hingga 2 TB, dibanding batas 32 GB untuk memory card SD biasa, sebagai jawaban atas kebutuhan konten resolusi tinggi.

Kecepatan transfer datanya bisa mencapai kisaran 50-104 megabyte per detik, berdasarkan logo “SDXC I” (UHS-I) yang tertera di kartu. Ada Cakap People yang membutuhkan memory card 1TB ini?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Wah! Wisatawan Indonesia Jadi Target untuk Melancong ke Taiwan

Mau Bisa Sukses Seperti Bill Gates? Baca Buku Favoritnya Ini!