in ,

5 Universitas Top Ini Punya Daya Saing Tinggi, Paling Banyak Diminati Pelajar dari Penjuru Dunia

Selebriti Tanah Air seperti Cinta Laura dan Tasya Kamila juga termasuk lulusan terbaik salah satu universitas top dunia tersebut

CakapCakap – Cakap People, melanjutkan studi ke bangku kuliah merupakan impian bagi banyak generasi muda. Namun seiring berjalannya waktu, persaingan di dunia pendidikan kian ketat.

Bahkan para pelajar makin berlomba-lomba guna masuk ke universitas terbaik. Tidak hanya di negara sendiri, kadang hingga ke negeri orang. Misalnya saja beberapa universitas berikut ini, di mana memiliki daya saing tinggi dan tidak pernah sepi peminat.

1. Yale University

Sebagian alumninya berprestasi. Gambar via kompas.com

Beberapa kelebihan dari universitas ini terletak pada mayoritas alumninya yang berprestasi, memenangkan banyak penghargaan-penghargaan dunia salah satunya penghargaan nobel dari Presiden Amerika Serikat, dan melakukan penelitian besar.

Kini Yale University berada di peringkat ke-17 universitas terbaik dunia versi QS World University Rankings. Kampus ini sudah berdiri sedari tahun 1701.

2. Columbia University

Tasya Kamila salah satu selebriti Indonesia lulusan Columbia University. Gambar via kompas.com

Sejumlah selebriti ternama Indonesia berhasil masuk ke Columbia University, seperti Tasya Kamila dan Cinta Laura. Kampus yang bertempat di New York ini menduduki posisi ke-19 sebagai universitas terbaik di dunia.

Awalnya kampus tersebut memiliki nama King’s College yang berdiri pada 1754 silam. Terdapat beberapa spesialisasi di bidang hukum, ilmiah, humanitas, teknik sipil, kedokteran, pendidikan, hingga bisnis.

3. National University of Singapore (NUS)

Termasuk kampus terbaik se-Asia. Gambar via kamikamu.co.id

Kampus terbesar di Singapura ini sudah berdiri sedari tahun 1905 silam. Prestasi para pengajar dan mahasiswa di sana menjadikan universitas itu terbaik pertama di kalangan Asia. Bahkan duduk di peringkat ke-11 dunia versi QS World University Rankings 2021. Jurusan kedokteran jadi andalan dari kampus bergengsi tersebut.

4. The University of Edinburgh

Memiliki daya saing yang ketat. Gambar via britishcouncil.org

Universitas favorit kelas dunia ini letaknya di ibukota Skotlandia, Edinburgh. Jika hendak masuk ke sana, kamu harus bersiap-siap sekuat tenaga. Pasalnya persaingan masuknya sangat ketat.

Dari banyak pendaftar, kampus tersebut hanya akan menerima sekitar 47.000 mahasiswa saja. Kampus ini jadi pilihan favorit ketiga di Britania Raya serta termasuk 20 universitas terbaik di dunia.

5. Tsinghua University

Punya dedikasi tinggi di bidang pembangunan. Gambar via icfj.org

Setelah NUS, Tsinghua University menjadi kampus terbaik kedua di Asia dan menjadi nomor 15 di tingkat dunia. Kampus ini terletak di ibukota Tiongkok, Beijing.

Selain itu, universitas ini juga jadi bagian dari Liga C9 universitas dengan dedikasi di bidang pembangunan global, akademik, serta kesejahteraan masyarakat Tiongkok.

Jadi itulah beberapa universitas terbaik yang kursinya jadi rebutan para pelajar dari berbagai dunia Cakap People. Apa kamu tertarik?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Berikut 5 Bakal Bintang Muda Liga Inggris Musim Ini, Ada dari Arsenal

Kasus COVID-19 Baru yang Ditularkan Secara Lokal di China Turun Selama 4 Hari Berturut-turut