in

Aplikasi Wajah Tua FaceApp Ternyata Bisa Ancam Privasi Pengguna

Meski sedang digemari, tetapi tetaplah waspada. Karena aplikasi ini juga ternyata mengancam privasi pengguna.

CakapCakapCakap People! Mengubah potret wajah menjadi tua melalui aplikasi FaceApp saat ini menarik perhatian dunia, tak terkecuali juga dari kalangan selebritas. Meski sedang digemari, tetapi tetaplah waspada. Karena aplikasi ini juga  ternyata mengancam privasi pengguna.

Ada sejumlah dampak yang akan mengganggu privasi pengguna FaceApp. Meski menghadirkan keseruan saat menggunakan aplikasi ini, tapi foto pengguna berpotensi menjadi bahan marketing FaceApp.

Saat menggunakan aplikasi ini, itu berarti pengguna memberikan akses kepada FaceApp untuk menggunakan, memodifikasi, mengadaptasi, dan mempublikasikan gambar pengguna. Perubahan wajah ini hasil dari kecerdasan buatan melalui artificial intelligence (AI).

Melansir BISNIS, FaceApp diizinkan untuk menggunakan nama, nama pengguna, atau rupa apa pun yang disediakan dalam format media apa pun yang disukainya tanpa kompensasi. Artinya pengguna tidak akan dibayar meski FaceApp menggunakan foto kamu sebagai bahan konten marketing.

Standard menyebutkan, gangguan privasi itu karena FaceApp mengunggah foto pengguna ke cloud untuk diproses. FaceApp telah menyampaikan ketentuan itu melalui disclaimer yang muncul sebelum menggunakan aplikasi.

Penyimpanan ini memungkinkan FaceApp mempertahankan gambar lama meskipun pengguna telah menghapus aplikasi dan beralih ke aplikasi lainnya. “Orang yang menggunakan aplikasi tidak dibuat sadar akan hal ini,” tegas Standard, Kamis, 18 Juli 2019.

Menurut TechCrunch, aplikasi ini dapat mengakses Foto di platform iOS Apple pengguna bahkan jika pengguna menetapkan untuk tidak mengizinkan akses foto menjadi “tidak pernah” saat pertama kali membuka platform tersebut.

Menurut Becky Pinkard, Wakil Presiden Intel dan TI di perusahaan keamanan Digital Shadows, jejak digital menjadi lebih penting sebagai hasil dari media sosial dan sejenisnya.

“Apa yang kami lihat sekarang adalah evolusi yang sangat cepat untuk berbagi data dan menautkan ke data orang lain. Jadi Anda tidak hanya memiliki kesempatan untuk berbagi terlalu banyak tentang diri Anda, orang lain juga dapat membagikan terlalu banyak data Anda,”katanya.

Aplikasi FaceApp cukup populer setelah beberapa kalangan menyebarkan tanggangan #AgeChallenge. Pengguna dimungkinkan untuk melihat perkiraan bentuk wajah sesuai usia yang dipilih. Kebanyakan pengguna memakai aplikasi ini untuk memprediksi bagaimana wajahnya saat di usia senja.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Layanan Perbankan Kembali Normal, Bank Mandiri Blokir Sementara 2.670 Rekening Nasabah

Menelusuri Kekayaan Indonesia dari Jalur Rempah Nusantara di Ternate Tidore