in

Terbang ke AS, 8 Startup Asal Indonesia Berhasil Pikat Investor

CakapCakap – Cakap People tahu, tahun-tahun belakangan ini, startup menjadi topik yang sangat hangat dibicarakan oleh semua kalangan. Industri kreatif yang berbau digital dan teknologi menjadi sesuatu yang banyak diminati untuk dikembangkan, baik itu oleh para profesional maupun anak muda. Baru-baru ini, Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) menggelar acara South by South West Festival (SXSW) 2019 di Austin, Amerika Serikat. Acara yang digelar bersama dengan Konsulat Jendral (Konjen) RI Houston dan Austin Chamber of Commerce ini berhasil membawa pelaku ekonomi kreatif asal Indonesia untuk memasarkan ide dan teknologi rancangannya.

Forum Ekonomi Kreatif di Austin
https://www.goodnewsfromindonesia.id/uploads/post/large-business-forum-on-creative-economy-austin-080319-2-2bb63cf48ef6cd0c63827d62af5413bf.jpg

Dalam salah satu forum bisnis bertajuk The Power of Indonesian Creative Economy: Austin Chapter, beberapa perusahaan startup asal Indonesia berhasil menarik perhatian lebih dari 100 orang pelaku ekonomi kreatif dan calon investor. Tentunya, dalam forum seperti itu, pelaku ekonomi kreatif asal Indonesia bisa mendapatkan insight pengembangan bisnis dari para pakar, dan tentunya investasi yang menggiurkan dari para investor kelas dunia.

Dalam acara yang digelar pada 8 Maret 2019 lalu ini, delapan startup yang berhasil memikat investor adalah TeleCTG, Ars, Decoding, MTarget, Nodeflux, Noore Sport Hijab, Knok Percussion, dan Hello Dangdut. Dari delapan daftar tersebut, mesin TeleCGT adalah yang paling diunggulkan. Mesin TeleCGT adalah versi portable dari Cardiotocography (CTG), sebuah alat yang berfungsi untuk melihat kondisi bayi, sehingga bisa menekan risiko kematian ibu dan bayi, selama mengandung dan melahirkan.

Forum SXSW 2019
https://www.goodnewsfromindonesia.id/wp-content/uploads/images/source/adityajoyo/Business-Forum-on-Creative-Economy—Austin-080319–1.jpeg

Sementara itu, Ars adalah aplikasi desain produk yang memungkinkan para penggunanya mendesain dengan komposisi tertentu. Selanjutnya, Decoding adalah aplikasi pemasaran yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk lokal Indonesia ke pasar global. MTarget adalah alat pemasaran digital bagi UKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Ada juga Nodeflux, perangkat lunak penganalisa wajah pengemudi, plat nomor, dan jenis kendaraan yang sedang dipindai. Kemudian masing-masing Noore adalah aplikasi pendesain hijab modern untuk wanita yang aktif, Knok Percussion yang merupakan aplikasi bidang musik terutama Cajon, dan Hello Dangdut yang merupakan aplikasi untuk mempromosikan musik dangdut Indonesia.

Agenda ini sudah berlangsung selama 3 kali sejak Bekraf bergabung. Dari kegiatan semacam ini, diharapkan seluruh kreativitas asal Indonesia bisa menemukan metode baru untuk memperluas pemasaran produk, hingga bisa saling berinteraksi dan berinvestasi di dunia global. 

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Benahi Diri, Facebook Bersih-Bersih Konten Pornografi

Tak Punya Banyak Waktu? Coba Olahraga Simpel Selama 22 Menit, Ini Pilihannya!