in

Tak Sengaja Smartphone Masuk di Air? Jangan Panik, Ini yang Mesti Dilakukan!

CakapCakap – Smartphone merupakan salah satu benda yang sudah pasti dimiliki oleh mayoritas orang. Sebab, benda berikut ini seolah sudah berkembang menjadi suatu kebutuhan. Seiring dengan berjalannya waktu, smartphone kian berevolusi dari masa ke masa. Hingga akhirnya banyak dijumpai jenis smartphone yang anti air. Akankah smartphone milik Cakap People sudah memiliki fitur tersebut?

Hanya sebagian smartphone yang dibekali dengan kemampuan tersebut. Sehingga jika tanpa sengaja smartphone kamu harus tercebur dalam air, maka sudah pasti rasa panik akan melanda karena tidak anti air. Bukankah demikian? Lantas, apa yang harus dilakukan saat smartphone terjun bebas ke dalam air? Simak ulasan berikut ini!

1. Rendam pakai beras

Kuburkan hp dalam beras via Papasemar.com

Beras dikenal memiliki daya serap air yang terbilang tinggi. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan bahan masakan ini untuk menyerap air dalam komponen smartphone. Letakkan beras ke dalam wadah berupa mangkuk, kemudian lap terlebih dahulu smartphone, dan lepaskan kartunya lalu masukkan dalam beras. Biarkan kurang lebih sampai 24 jam. Setelah itu, baru nyalakan kembali smartphone milik kamu.

2. Matikan smartphone

HP masuk dalam air via Tokopedia.com

Untuk mencegah kerusakan secara total, maka ada baiknya jika matikan selama beberapa saat smartphone yang usai terjun bebas ke dalam air tersebut. Hal berikut bertujuan untuk menjaga komponen-komponen penting yang ada dalam smartphone. Khususnya yang dialiri listrik dari baterai. Apabila pasca tercebur dalam air smartphone langsung dihidupkan, maka bisa jadi komponen di dalamnya akan mengalami kerusakan total. Matikan smartphone dan jangan langsung dihidupkan. Tunggu dulu selama beberapa saat.

3. Bongkar smartphone

Buka penutup hp via Utakatik-dewe.blogspot.com

Sesaat setelah smartphone tercebur maka segeralah buka perangkat tersebut secara teliti. Lepaskan terlebih dahulu sarung smartphone. Kemudian disusul untuk melepaskan casing belakang lantas lepas baterainya jika yang digunakan ialah jenis baterai non tanam. Lepaskan pula memory card serta kartu SIM. Kemudian biarkan komponen tersebut kering dengan sendirinya.

4. Jangan keringkan pakai hairdryer

Hindari keringkan pakai pengering rambut via 17pasar.my.id

Apa pernah terpikirkan untuk melakukan hal berikut? Sebaiknya kamu pikirkan kembali sebelum melakukannya. Sebab, hairdryer memiliki suhu panas yang terlampau tinggi. Sehingga jika digunakan untuk mengeringkan smartphone maka berpotensi untuk merusak perangkat yang ada dalam telepon pintar tersebut. Mungkin memang benar air bisa dikeringkan lebih cepat, tetapi ada dampak lain yang diakibatkan penggunaan pengering tersebut.

Itulah beberapa langkah yang bisa Cakap People lakukan guna menyelamatkan smartphone yang tercebur dalam air. Jika sudah melakukan beberapa upaya di atas namun masih ada kendala pada smartphone, maka lebih baik bawa saja berobat ke ahlinya guna diperbaiki. Terlebih jika smartphone tetap tak ingin menyala setelah batas waktu 2 x 24 jam.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Hal-hal Penting di Hari Pertamamu Sebagai Mahasiswa Baru

3 Nama Kota di Tanah Air Ini Punya Asal Usul yang Unik loh, Cari Tahu di Sini!