in

Hal-hal Penting di Hari Pertamamu Sebagai Mahasiswa Baru

CakapCakap- Cakap People, siapa yang saat ini lagi mempersiapkan diri sebagai calon mahasiswa dan banyak-banyak berdoa semoga tahun depan jadi mahasiswa di universitas impian? Selain mempersiapkan materi pelajaran untuk tes dan semacamnya, kamu juga perlu tahu hal-hal penting yang harus diperhatikan di awal-awal perkuliahan ketika kamu sudah jadi mahasiswa baru. Apa aja, ya? Ini dia!

1. Jadwal Kuliah Beserta Ruangan dan Waktunya

Di hari pertama kuliah, jangan sampai kamu menghabiskan waktu untuk mondar-mandir mencari kelas dan jadi telat masuk karena tidak menyimpan jadwal kuliah di tempat yang mudah kamu lihat.Meskipun, saat ini kamu bisa cek jadwal perkuliahan yang sudah tercantum di website universitas dan dapat langsung di screenshot, kamu juga perlu menuliskannya kembali di buku catatan atau secarik kertas.

Hal ini sebagai antisipasi kalau terjadi hal-hal di luar perkiraan seperti handphone tertinggal, tidak ada jaringan internet, website universitas tidak bisa diakses, dan masih banyak lagi hal-hal buruk yang dapat terjadi.

2. Buku Catatan dan Alat Tulis Seperlunya

Buku catatan itu penting via Pixabay/ PlushDesignStudio

Jaman memang sudah semakin canggih, tidak bawa buku catatan pun bisa mencatat di ponsel atau fitur note di laptop. Eeeiiits, tapi sebagai mahasiswa baru, baiknya kamu membawa satu buku catatan untuk berjaga-jaga. Kamu belum mengenal dosen mana yang bisa menerima mahasiswanya mencatat di ponsel atau laptop dan mana yang tidak memperbolehkannya. Lagipula, membawa buku catatan menunjukkan kamu lebih siap untuk berkuliah dan menyimak pembahasan dari dosen.

Selain itu, jangan lupa alat-alat tulisnya! Di hari pertama kuliah kamu mungkin belum mengenal siapa-siapa di kelasmu, canggung, kan, kalau mau meminjam-minjam sesuatu? Kecuali kalau kamu memang sudah memiliki niat yang lain.

3. Bekal Makan dan Minum

Poin ini sangat penting kalau kamu belum mengenal harga-harga makanan dan minuman di kantin fakultas atau universitasmu! Semester pertama perkuliahan biasanya sangat padat dan hampir menghabiskan waktu seharian. Nah, bekal makan dan minum ini juga dapat menjadi penyelamat kamu ketika cuma tersisa waktu sedikit untuk beristirahat.

4. Bawa Gadget Seperlunya

Anak jaman sekarang, Ipad dibawa, Iphone iya, laptop, iya juga. Hmm, lebih baik cukup bawa satu gadget kamu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Lebih pentingnya,  jangan lupa membawa charger, powerbank, atau kabel data.

5. Berpakaian Sopan 

Kemeja bisa jadi pilihan via Pixabay/ Jarmoluk

Memang setiap fakultas atau universitas biasanya memiliki kriteria kesopanan yang berbeda-beda. Tapi, untuk kalian yang baru saja duduk di tingkat pertama perkuliahan, lebih baik berpakaian yang formal. Selain kamu belum tau kriteria kesopanan masing-masing dosen, penampilan di hari pertama itu yang akan menentukan pandangan dosen dan teman-teman terhadapmu. Jadi, pakai yang rapih-rapih dulu saja!

Nah, hal-hal di atas adalah yang paling harus kamu perhatikan di awal perkuliahan, Cakap People. Masa perkuliahan itu cukup lama dan bisa menjadi masa-masa paling menyenangkan, lho. Jangan sampai kurangnya persiapan bikin hari-hari pertama kuliah kamu jadi zonk atau bahkan membuat citra kamu buruk di mata dosen dan teman-teman.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tips Mudah Kecilkan Paha Ala Latihan Rumahan!

Tak Sengaja Smartphone Masuk di Air? Jangan Panik, Ini yang Mesti Dilakukan!