in ,

3 Nama Kota di Tanah Air Ini Punya Asal Usul yang Unik loh, Cari Tahu di Sini!

CakapCakap – Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak sekali kota-kota dengan keindahan yang berciri khas. Mulai dari Sabang sampai ke Merauke, terdapat nama-nama kota yang unik. Lantas, pernahkah Cakap People berpikir dari mana asal usul nama kota yang unik tersebut?

Ternyata, nama unik yang melekat pada kota-kota tersebut diperoleh dari sejarah serta cerita legenda di wilayah sekitar. Bukan rahasia lagi, jika hampir setiap tempat pasti memiliki sejarah yang sulit untuk dilupakan. Apabila kamu ingin tahu dari mana asal usul pemberian nama 3 kota berikut, maka simak ulasan berikut ini yuk!

1. Pontianak

Asal usul nama kota Pontianak via Indonesia.travel

Sudah pernah mendengar kisah dibalik pemberian nama kota Pontianak? Dikisahkan Syarif Abdurrahman Alkadrie merupakan sosok hakim agama yang berasal dari Kerajaan Matan. Ia pun merupakan calon Raja Pontianak yang sedang menyisiri suatu wilayah untuk pembangunan istana. Kala itu, jalur sungai Kapuas serta Pontianak masih berupa hutan. Ia pun mengaku sering berjumpa dan diganggu oleh hantu berwujud kuntilanak di hutan Pontianak. Dirinya pun menyusun sebuah siasat guna mengusir sang hantu kuntilanak. Caranya dengan menembakkan sebuah meriam sebanyak 3 kali ke arah hutan. Akhirnya 3 titik meriam tersebut kini menjadi sebuah tempat berupa Pemakaman Anggota Keluarga Kesultanan Pontianak, Masjid Jami Sultan Abdurrahman, serta Istana Kadriah.

2. Jakarta

Nama kota ini pernah diganti beberapa kali via Dentons.com

Beberapa kali sejarah mencatat perubahan nama Jakarta, di mana sebelumnya bernama Sunda Kelapa, Batavia, hingga Jayakarta. Lalu, dari mana asal usul nama kota ini? Berawal saat Portugis masuk serta mulai berniaga di Sunda Kelapa yang bersamaan dengan masifnya ajaran agama Islam di Demak. Akhirnya pasukan Portugis berhasil menghasut sang Raja Pajajaran supaya bisa membangun benteng di Sunda Kelapa. Tetapi akhirnya Demak menolak permintaan tersebut. Hingga akhirnya Kerajaan Demak mengirimkan prajuritnya guna pergi ke Sunda Kelapa yang kala itu dipimpin oleh Fatahillah. Portugis pun berhasil diusir mundur serta Sunda Kelapa berhasil dikuasai kembali. Akhir cerita Sunda Kelapa diganti nama menjadi Jayakarta atau yang berarti Kota Kemenangan.

3. Salatiga

Cerita unik dibalik pemberian nama kota Salatiga via Kampusnesia.com

Apa kamu pernah mendengar nama kota berikut ini? Salatiga memiliki cerita sejarah yang cukup unik loh! Di mana ceritanya diawali dari Sunan Kalijaga yang memberikan suatu pelajaran hidup pada sosok saudagar kaya, namanya ialah Ki Ageng Pandanaran. Singkatnya, Sunan Kalijaga berhasil memberitahukan caranya mengumpulkan harta. Caranya dengan menggali tanah yang kemudian disusul oleh kemunculan emas.

Hal tersebut akhirnya menjadikan Ki Ageng Pandanaran sadar atas hidup yang ia jalani. Hingga akhirnya beliau berusaha mencari Sunan Kalijaga. Tetapi saat berada di tengah-tengah perjalanan ia dihadapkan oleh 3 perampok yang kemudian mengambil semua harta sang istri. Akhirnya tempat tersebut diberikan nama Salatiga (Tiga orang salah).

Cukup menarik ya Cakap People? Ternyata nama kota di Indonesia memang terbentuk melalui suatu proses yang unik. Mulai dari cerita pelajaran hidup, pertempuran hingga hal berbau mistis. Kini wawasan kamu kian bertambah lagi sebab sudah mengetahui historis dari pemberian nama kota-kota di atas.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Tak Sengaja Smartphone Masuk di Air? Jangan Panik, Ini yang Mesti Dilakukan!

Mengintip Lokasi Drama “GOBLIN” Di Pusat Kota Seoul