in ,

Punya Tekanan Darah Tinggi? Sebaiknya Santap Makanan Ini untuk Menu Berbuka!

CakapCakap – Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang cukup umum dialami oleh mayoritas orang. Ketika Cakap People mengidap masalah kesehatan yang satu ini, maka harus menjaga pola makan dengan sangat ketat. Sebab salah makan sedikit saja bisa membuat kamu berujung pada kenaikan tekanan darah.

Ketika menjalani ibadah puasa seperti sekarang ini, maka makanan yang disantap kala berbuka perlu kamu jaga dengan baik. Kamu bisa mengonsumsi beberapa menu di bawah ini, yang mana tetap sehat dikonsumsi namun juga punya rasa yang lezat. Apa saja menu makanan yang dimaksud? Ini dia ulasannya!

1. Kolak pisang

Bikin kolak pisang yang sehat via Atmago.com

Menu takjil ini biasa disantap oleh mayoritas orang sebagai menu pembuka puasa. Kendati kamu memiliki riwayat hipertensi namun kolak pisang masih tetap bisa disantap loh! Namun kamu harus tetap berhati-hati dengan kadar gula di dalam kolak. Sebab ia kaya akan kandungan gula yang bisa berbahaya bagi lonjakan gula darah serta kolesterol. Kamu dapat membuat kolak sehat memakai susu bebas lemak atau yogurt sebagai pengganti santan. Sebab baik susu skim atau yogurt sama-sama memiliki kandungan kalsium tinggi namun rendah terhadap lemak. Di mana kedua kandungan tersebut dapat membuat tekanan darah tinggi turun kala berpuasa. Sebagai pelengkap, maka kamu dapat menambahkan kandungan kalium dari irisan busah pisang.

2. Sayur bayam

Kreasi sayur bayam yang tidak membosankan via Hellosehat.com

Cukup akrab bukan dengan sayuran yang dipenuhi dengan nuansa hijau berikut ini? Bayam sangat baik dikonsumsi bagi pasien hipertensi sebab punya asupan kalium yang cukup tinggi. Saat tubuh mendapatkan asupan berupa kalium, maka mineral tersebut bisa membantu mengikat natrium di dalam darah serta mengeluarkannya dengan urin. Akhirnya hipertensi pun bisa diturunkan dengan perlahan namun pasti.

3. Kurma

Punya kandungan magnesium yang tinggi via Food.detik.com

Makanan yang identik dengan bentuk kecil ini biasa jadi primadona saat bulan Ramadhan tiba. Hal tersebut tentu bukan suatu hal yang aneh mengingat kurma sangat tinggi akan kandungan nutrisi. Di dalam kurma terdapat kandungan magnesium serta kalium yang cukup berlimpah. Sehingga berdampak baik untuk menurunkan tekanan darah, menjaga seimbangnya cairan dalam tubuh serta mengontrol detak jantung. Dengan menyantap kurma sebanyak 4 buah ketika buka puasa, maka sama saja dengan mencukupi 668 mg kalium atau sama dengan 14% kebutuhan kalium harian untuk orang dewasa.

Nah, itu dia beberapa menu buka puasa yang baik dikonsumsi oleh pasien hipertensi. Selain itu, jika Cakap People cukup gemar menyantap olahan jus buah maka bisa mencoba minum jus buah delima. Sebab jenis jus tersebut dipercaya bisa membuat tekanan darah turun secara alami. Buah yang identik dengan warna merah tersebut juga mampu meningkatkan sistem imun loh!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Kucing Berwajah Galak “Grumpy Cat” Meninggal, Dunia Bersedih

All New BMW X5, Mobil Baru Produksi BMW Indonesia Seharga Rp 1,4 M