in ,

Manfaat Membungkus Makanan dengan Daun Jati yang Jarang Diketahui!

Alasan makanan yang dibungkus pakai daun jati lebih lezat

CakapCakap – Apa Cakap People pernah mendapati makanan yang dibungkus menggunakan daun jati? Umumnya makanan-makanan seperti tape ketan, nasi hingga lauk ada yang dibungkus dengan daun jati. Lebih sering lagi jenis makanan tradisional seperti nasi jamblang hingga nasi pecel. Bahkan di beberapa restoran pun ada yang menggunakan alas daun jati untuk mengemas hidangannya.

Lantas, apa sebenarnya manfaat membungkus makanan dengan daun jati? Apabila dibandingkan dengan pemakaian kertas minyak, plastik hingga styrofoam daun jati lebih ramah lingkungan. Selain itu, juga ada dampaknya loh pada makanan! Ini dia daftar manfaatnya yang perlu kamu ketahui!

1. Menciptakan aroma khas

Nasi dibungkus dengan daun jati via Indonesiakaya.com

Tak dapat dipungkiri jika makanan yang dibungkus dengan daun jati akan mengeluarkan aroma yang khas. Bahkan aroma yang keluar tersebut seringkali menggugah nafsu makan. Pernah merasakannya? Biasanya menu nasi yang dibungkus dengan daun jati akan mengeluarkan aroma spesial. Selain nasi, daun jati juga bisa digunakan untuk membungkus tape ketan. Alhasil aromanya pun lebih spesial, tak percaya? Kamu bisa mencobanya sendiri!

2. Terhindar dari paparan bahan kimia

Lebih alami dan sehat via Twitter.com

Bukan rahasia lagi jika dewasa ini banyak para penjual yang menggunakan plastik hingga styrofoam untuk membungkus makanan. Padahal selain tidak ramah lingkungan, pemakaian bungkus yang demikian juga dikhawatirkan bisa mengandung bahan kimia berbahaya. Sehingga makanan yang dikonsumsi dapat berpadu dengan bahan kimia tersebut. Sementara efek berbeda terjadi apabila pembungkus yang digunakan berasal dari daun-daunan seperti daun jati. Tentu hal itu akan menjadikan makanan lebih aman kala disantap. Bahkan cita rasanya juga bisa jadi lebih lezat.

3. Menjaga agar nasi tetap hangat

Ramah lingkungan via Istalker.org

Umumnya nasi yang dibungkus dengan memakai daun jati akan hangat dalam kurun waktu yang terbilang lama. Mengapa demikian? Lantaran tekstur daun jati yang lebar serta tebal. Sehingga kehangatan makanan dapat terjaga dengan sangat baik. Nasi yang dibungkus dengan cukup rapat memakai daun jati bisa bertahan lama dalam kondisi yang hangat.

Bagaimana Cakap People menurut pendapat kamu? Agaknya daun jati memang memiliki manfaat yang cukup baik bagi makanan dan kesehatan. Selain itu, kita juga bisa ikut menjaga lingkungan dengan pengurangan sampah plastik maupun sejenisnya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Wow! Aplikasi Ini Bisa Ubah Foto Wanita Jadi Telanjang, Bagaimana Caranya?

Daftar Makanan yang Ampuh Mencegah Kram Otot!