in ,

Penderita Diabetes Wajib Berhenti Puasa Jika Mengalami 3 Tanda Berikut!

CakapCakap – Saat ini selaku umat Muslim maka kita wajib menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Namun ada pula beberapa kondisi yang memungkinkan Cakap People untuk tidak berpuasa. Salah satunya jika kamu mengidap penyakit diabetes. Sebenarnya pengidap diabetes bisa saja melakukan ibadah puasa.

Hanya saja, kamu wajib memerhatikan makanan yang dikonsumsi baik saat sahur maupun berbuka. Selain itu, ada beberapa aturan dari dokter yang memang wajib kamu patuhi ketika ingin tetap berpuasa. Tak hanya itu, sebaiknya kamu langsung membatalkan puasa jika mengalami beberapa tanda di bawah ini!

1. Gula darah tak terkendali

Rutin cek kadar gula darah via Hellosehat.com

Sudah tahu batas gula darah yang normal? Umumnya terdapat dalam rentang jumlah 70 hingga 100 mg/dL dalam pemeriksaan gula darah ketika puasa serta 70 sampai 140 mg/dL ketika pemeriksaan gula darah 2 jam usai makan. Oleh karena itu, kamu wajib memerhatikan kira-kira berapa kadar gula darah usai sahur. Apabila gula darah di bawah angka 100 mg/dL maka hindari untuk berpuasa. Sedangkan apabila gula darah telah berada di bawah 70 mg/dL maka batalkan puasa yang kamu lakukan. Guna mengetahui secara pasti berapa kadar gula dalam darah maka kamu disarankan untuk rutin melakukan pengecekan. Malah akan lebih baik bila kamu memiliki alat pemeriksa gula darah pribadi.

2. Kondisi hipoglikemia

Mengalami sakit kepala akibat hipoglikemia via Hellosehat.com

Hipoglikemia merupakan penurunan gula darah di bawah rata-rata  bagi pasien diabetes melitus. Kendati demikian namun situasi ini akan sama berbahaya dengan kadar gula darah yang tinggi. Terlebih apabila hipoglikemia terjadi berulang-maka, maka bisa berdampak pada kerusakan tubuh hingga otak. Gejala dari hipoglikemia ialah keringat dingin, rasa lapar, tubuh gemetar, sakit kepala hingga tidak sadarkan diri dan berdebar-debar. Apabila kamu sudah sampai dalam kondisi ini maka jangan memaksa diri guna berpuasa.

Itu dia beberapa gejala yang wajib Cakap People perhatikan sebagai penderita diabetes yang ingin menjalankan puasa. Selain itu, puasa dalam kondisi hamil dan terserang diabetes juga perlu kamu perhatikan. Apalagi jika kamu menderita diabetes tipe 1 atau 2. Wanita yang hamil dan terkena diabetes memang tidak disarankan untuk berpuasa. Namun apabila kamu tetap ingin berpuasa maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. Cari tahu pula apa risiko yang bisa timbul.



What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

18 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

  3. Pingback:

  4. Pingback:

  5. Pingback:

  6. Pingback:

  7. Pingback:

  8. Pingback:

  9. Pingback:

  10. Pingback:

  11. Pingback:

  12. Pingback:

  13. Pingback:

  14. Pingback:

  15. Pingback:

  16. Pingback:

  17. Pingback:

  18. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Kiwari, Media Chat Pesaing WhatsApp yang Kece dari Indonesia

Indonesia Dorong Peran Perempuan untuk Serukan Perdamaian Dunia