in

Luar Biasa! Google Cloud Siapkan Dana 47 M Dolar AS untuk Berinvestasi di Indonesia

Sebelumnya Google Cloud juga sudah bekerja sama dengan Accenture di Indonesia

CakapCakap – Industri komputasi awan atau cloud computing sedang berkembang di Indonesia. Tak heran jika sejumlah perusahaan teknologi raksasa dunia yang menyediakan layanan tersebut mulai melirik Tanah Air. Salah satunya adalah Google. Cakap People mungkin tidak menyangka, ternyata Google Cloud sudah menyiapkan dana dengan jumlah luar biasa untuk berinvestasi di Indonesia.

Google Cloud menyiapkan investasi sebesar 47 miliar dolar AS untuk industri cloud computing di Indonesia. Via solutionsreview.com

Google Cloud menggelontorkan dana mencapai 47 miliar dolar AS untuk berinvestasi dalam industri cloud computing di Indonesia dalam jangka waktu tiga tahun, seperti yang dilaporkan oleh laman CNBCIndonesia.com. Country Director Google Cloud Indonesia, Megawaty Khie menjelaskan selain infrastruktur, Google juga terus membangun tim dan ekosistem kerja sama dengan sejumlah mitra, serta memperkuat edukasi komunitas untuk sosialisasi manfaat sistem cloud computing tersebut.

Menurutnya, sebagai salah satu negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia sendiri memiliki potensi pasar yang besar dalam perkembangan ekonomi digital, dan menjadi target pasar baru bagi sektor cloud computing. Bisnis cloud computing ini pun diproyeksikan bisa berkontribusi hingga mencapai 40 miliar dolar AS terhadap pendapatan domestik bruto dalam lima tahun nanti. Oleh karena itu, Google Cloud pun tertarik untuk menanamkan investasi besar, yang akan dimulai dengan membuka Google Cloud Region baru di Indonesia pada paruh pertama tahun 2020 nanti.

Google Cloud akan mulai membuka Google Cloud Region baru di Indonesia pada paruh pertama 2020, menyusul kerja sama dengan Accenture. Via blog.google

Sebelumnya, Google Cloud bersama perusahaan penyedia solusi, Accenture juga telah melakukan ekspansi ke Indonesia, seperti dimuat di laman Bisnis.com. Mereka melakukan perluasan strategis kemitraan global sebagai upaya memodernisasi dan mengakselerasi pengadopsian teknologi cloud computing di Indonesia. “Accenture bersama Google Cloud ingin membantu klien mengaktifkan interaksi di berbagai saluran, meningkatkan akses ke layanan mandiri dan kemampuan penyelesaian masalah,” ungkap Country Manager Director Accenture Indonesia, Seong Kim Ho menjelaskannya.

Kolaborasi ini nanti akan memanfaatkan data milik Google Cloud dan kapabilitas kecerdasan buatan (artificial intelligence) atau teknologi AI, salah satunya solusi Accenture’s Contact Center AI (CCAI) yang memungkinkan interaksi antar pelanggan dari hulu ke hilir di seluruh saluran suara dan digital. Ditambahkan Direktur Regional Google Cloud Asia Tenggara, Tim Synan, kedua perusahaan juga menyiapkan 1.000 praktisi terlatih dalam teknologi Google Cloud dan akan meningkatkan jumlahnya dua kali lipat pada tahun fiskal 2019. Wow, luar biasa ya, Cakap People!

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Sebelum Kamu Membuat Tato, Simak Kisah Pria 21 Tahun Ini Saat Ingin Menghapus Tatonya

Akhirnya, Indonesia Resmi Punya Unicorn ke-5, Siapakah Dia?