in

Kenalkan Cloud Computing, Solusi Server Terjangkau bagi Startup Pemula

CakapCakap – Perkembangan teknologi dewasa ini memang memberikan dampak yang luar biasa. Dunia bisnis termasuk salah satu yang merasakan efek domino yang sangat besar dan hampir merata dalam era transformasi digital seperti sekarang ini. Cakap People tentu sudah bisa melihatnya, salah satunya melalui pertumbuhan startup atau perusahaan teknologi, termasuk di Indonesia. Namun, memang tidak semua startup bisa berkembang dengan cepat dan baik di awal periode bisnisnya.

Oleh karena itu, sangat penting bagi para pelaku startup pemula untuk bisa memanfaatkan setiap peluang agar bisa meminimalisir modal pengeluaran. Salah satunya teknologi yang saat ini dirasakan cukup membantu adalah kehadiran cloud computing atau komputasi awan sebagai server data bagi perusahaan. Menurut Ketua Umum Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI) Alex Budiyanto di laman Okezone.com, dengan menggunakan cloud computing perkembangan bisnis bisa lebih pesat.

Go to market-nya lebih cepat, tidak usah memiliki modal besar di awal. Biasanya kan memulai bisnis digital di awal harus punya server yang terhubung ke internet itu, kan gede. Kalau di sini kita tinggal register ke layanan cloud computing, dari situ kita bisa terhubung ke internet. Salah satu keuntungan memang efisiensi. Misal kita punya uang sejuta susah untuk beli mobil. Opsinya kita sewa taksi, itu kita bisa dapatkan. Jadi intinya itu seperti mau beli mobil atau menggunakan mobilnya,” jelas Alex.

Ilustrasi cloud computing yang kini banyak digunakan untuk kehidupan di era digital, terutama dalam dunia bisnis via Istimewa.

Saat ini, ada cukup banyak perusahaan penyedia layanan cloud computing di Indonesia, yang bisa dimanfaatkan dalam periode awal membangun sebuah startup. Bahkan, tidak sedikit pula yang ikut menawarkan layanan gratis, seperti Amazon Web Service, Alibaba Cloud, Microsoft Azure, Google Cloud Platform, IBM Bluemix, dan Heroku, menurut laman Codepolitan.com. Namun, layanan gratis yang diberikan tersebut tentu saja tidak sebanyak dan selengkap layanan premium dengan berbayar.

Agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan apalagi bagi perusahaan startup yang membutuhkan server data yang cukup besar, maka tentu diperlukan layanan cloud computing yang lebih lengkap. Saat ini, perusahaan dalam negeri pun sudah banyak yang menyediakan. Cakap People bisa mencobanya! [ED/RM]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

3 Taktik Rahasia agar Konten YouTube-mu Viral, Catat!

Cari Tempat Parkir? Kini Google Maps bisa Membantumu