in ,

Kumpulan Cara Mudah Hilangkan Bau Amis pada Ikan!

Usir Bau Amis Pada Ikan dengan Trik Mudah

CakapCakap – Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang banyak disukai oleh orang. Kendati demikian, memasak ikan tak semudah kala menyantap menunya. Ada kesulitan tersendiri di kala Cakap People harus mengolah ikan. Salah satunya ialah bagaimana menghilangkan bau amis pada ikan.

Sebenarnya menghilangkan bau amis pada ikan tidak sulit apabila kamu tahu caranya. Alhasil proses mengolah ikan pun bisa jadi lebih mudah. Penasaran bagaimana cara menghilangkan bau amis pada ikan? Coba simak trik berikut ini ya!

1. Cuka

Gunakan cuka untuk merendam ikan via Siraplimau.com

Punya cuka di rumah? Kamu bisa memanfaatkan bahan yang satu ini untuk mengusir bau amis pada ikan. Sebab ia cukup efektif dalam menghilangkan bau amis tersebut. Campurkan air segar dengan cuka, kemudian pakai untuk merendam ikan dengan waktu 5 menit. Pasca dikeluarkan, maka bilas ikan dan keringkan sebelum dimasak maupun diasinkan.

2. Susu

Pakai susu via Pedomanbengkulu.com

Susu merupakan salah satu bahan yang bisa kamu gunakan untuk membasmi bau amis pada ikan. Caranya mudah saja, mula-mula ambil ikan lalu rendam ke dalam susu dan bilas sesudahnya. Cara kerjanya, susu akan menyerap bau dari makanan laut tersebut. Dalam susu terdapat suatu zat yang bisa menghilangkan bau amis tersebut. Tak percaya? Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah.

3. Jahe

Gosok jahe di atas ikan via Artikelmedis.com

Mungkin banyak orang yang tak menyangka jika ternyata jahe bisa dimanfaatkan untuk mengusir bau amis pada ikan. Tetapi tidak hanya menghilangkan bau amisnya saja, melainkan jahe juga dapat menimbulkan sensasi rasa yang nikmat dan membasmi racun maupun alergen di ikan. Kamu harus menghancurkan jahe terlebih dahulu, kemudian haluskan dan gosok pada tubuh ikan. Biarkan hingga 30 menit sebelum ikan dimasak.

4. Garam

Gunakan air garam via Hellosehat.com

Bumbu dapur yang satu ini sudah pasti selalu ada dalam rumah bukan? Biasanya ia digunakan untuk membasmi bau amis pada ikan yang berasal dari air tawar, seperti lele. Usai ikan dibersihkan, maka kamu bisa memakai garam untuk mengusir aroma amisnya. Caranya dengan menggosok garam di atas tubuh ikan. Lalu tunggu sampai 5 menit dan cuci ikan memakai air. Kamu juga dapat memakai air garam. Caranya usai membersihkan ikan maka rendam menggunakan air garam dan bilas pakai air. Trik yang satu ini akan membantu kamu mengurangi aroma amis pada ikan sebelum dimasak. Air asin tidak hanya berguna bagi ikan, melainkan juga cukup bermanfaat bagi udang.

Mudah bukan? Dengan demikian Cakap People bisa lebih gampang dalam mengolah ikan. Bahkan bau amis yang identik ada pada ikan pun bisa hilang. Kini memasak ikan tak perlu dipersulit lagi. Selamat mencoba ya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Segera Sadari 5 Tanda Ini, Ternyata Workaholic Bukan Pekerja Handal

Ini loh Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan yang Jarang Diperhatikan!