in ,

Berikut Cara Cegah Penyakit Jantung Bila Miliki Kolesterol Tinggi!

Cakapcakap – Bukan rahasia lagi jika kadar kolesterol yang terbilang tinggi memang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Kendati tak semua jenis kolesterol itu buruk, namun Cakap People juga wajib untuk tetap waspada. Umumnya kolesterol dalam darah tersusun atas kolesterol baik atau HDL serta kolesterol jahat yang disebut pula LDL.

Apabila kadar kolesterol LDL tinggi, maka tentu saja bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Khususnya penyakit jantung. Sebab kolesterol jahat di dalam darah dapat memicu penumpukan di dalam pembuluh darah. Alhasil aliran darah dapat berjalan kurang lancar. Nah, guna menghindari bahaya tersebut maka kamu dapat melakukan beberapa kebiasaan berikut ini!

1. Olahraga

Rutin olahraga via Halodoc.com

Sejatinya olahraga menjadi salah satu alternatif yang dapat kamu manfaatkan guna mengendalikan kadar kolesterol yang tinggi. Tak perlu melakukan olahraga yang berat. Sebagai awal sebaiknya lakukan olahraga selama kurang lebih 30 menit. Dengan aktif bergerak selama waktu tersebut maka tekanan darah bisa berkurang, berat badan terjaga serta kadar kolesterol dalam darah juga jadi terjaga. Kamu juga dapat melakukan jogging saat pagi maupun sore.

2. Batasi minum alkohol

Atur takaran minum alkohol via 1health.id

Siapa yang suka minum alkohol? Apabila kamu ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar serta terbebas dari kolesterol tinggi maka sebaiknya jauhi alkohol. Sebab alkohol bisa membuat tekanan darah meningkat dan berat badan juga bisa bertambah karenanya. Oleh karena itu, batasi konsumsi alkohol ya! Untuk pria disarankan untuk tak minum lebih dari 2 gelas. Sementara bagi wanita sebaiknya jangan minum lebih dari 1 gelas.

3. Lakukan pola makan sehat

Penuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh via Wolipop.detik.com

Mungkin tanpa kamu sadari makanan merupakan salah satu penentu utama masuknya kolesterol dalam tubuh. apabila jenis makanan yang kamu konsumsi cenderung tidak sehat, seperti gorengan hingga junk food maka jangan heran jika yang menumpuk ialah kolesterol jahat atau LDL. Makanan-makanan yang mengandung lemak trans seperti mentega, krim, kue kering, donat hingga daging merah contohnya.

Untuk dapat menjaga kadar kolesterol supaya terjaga dan dalam batas normal maka Cakap People harus melakukan beberapa kegiatan di atas. Jika kamu memiliki kolesterol yang cukup tinggi maka ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter supaya menemukan solusinya. Mungkin bisa dengan konsumsi obat atau yang lainnya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Hal-Hal Penting yang Perlu Kamu Tahu Tentang Ramadhan

Ingin Harga Sepeda Motor Kamu Tetap Stabil? Ini Rahasianya!