in

Hebat! 3 Startup Indonesia Lolos di Kompetisi Teknologi Alipay

CakapCakap – Baru-baru ini, kabar menggembirakan datang dari dunia startup Indonesia, bahkan prestasi tingkat Internasional berhasil diraih. Tahukah Cakap People? Alipay baru saja mengumumkan 3 finalis dari kompetisi Alipay-NUS Enterprise Social Innovation Challenge.

Kompetisi yang diadakan oleh kerjasma Ant Finance dan Divisi Kewirausahaan National University of Singapore (NUS) ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan startup di Asia Tenggara. Startup yang dimaksud adalah mereka yang menggunakan teknologi digital untuk membangun masyarakat di negara asal.

Alipay Penyelenggara Kompetisi Startup Asia Tenggara
https://media.suara.com/pictures/653×366/2018/12/13/65846-ilustrasi-aplikasi-alipay.jpg

Hebatnya, tiga finalis terpilih asal Indonesia yang akan bertanding di ronde final besok April 2019, akan bersaing kembali dengan startup serupa yang berasl dari Malaysia dan Singapura untuk memperebutkan hadiah sebesar USD 50.000. Seluruh finalis akan dinilai dengan sangat ketat, berdasarkan evaluasi di sektor inovasi, dampak sosial, kekuatan tim, model ekonomi, dan potensi pasar. Seluruh kontestan dari masing-masing negara dituntut untuk menggunakan teknologi digital untuk menyelesaikan tantangan lintas sektor, mulai dari keuangan, kesehatan, pendidikan, logistik, lingkungan, transportasi, hingga komunikasi.

Indonesia sendiri patut berbangga bahwa ketiga startup yang berhasil lolos adalah Amalan Internasional, Aruna, dan MSMB. Konsep yang dibawa oleh Amalan Internasional adalah membantu masyarakat yang kesulitan dalam membayaran cicilan hutang bulanan. Amalan merancang sistem yang memungkinkan setiap personal punya solusi masing-masing untuk permasalahan hutangnya. Prosedur yang diberikan akan mengkombinasikan negosiasi diskon hutang dan pinjaman yang lebih ringan sebagai pengganti hutang yang sebelumnya.

Startup MSMB
https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/2bF5BTMT8BQGWF2K17q_ZMOGI6k=/640×360/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/2754152/original/094643200_1552895814-Alipay.jpg

Sementara itu, Aruna adalah startup digital yang membantu komunitas nelayan agar terhubung dengan pembeli dengan skala yang lebih besar. Dengan sistem ini, nelayan bisa menjual ikan dengan lebih adil, transparan, dan efisien.

Saat ini, Aruna sudah menjangkau 16 daerah di Indonesia dan memiliki 2000 nelayan aktif yang menggunakan sistem ini. Terakhir adalah Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), yang merupakan startup pembantu petani untuk meningkatkan hasil pertanian, mencegah serangan hama, memperoleh harga pasar, dan mendapatkan dukungan modal.

Ketiga startup ini memiliki ide yang sangat cerdas, yakni mampu mengolah teknologi informasi untuk mengembangkan sebuah sistem yang membantu kesejahteraan masyarakat.Patut diapresiasi ya, Cakap People.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Bahaya, 5 Zodiak Ini Tipe Orang yang Gampang Memutuskan Resign Kerja!

Sambut Pemilu 2019, LINE Today Luncurkan Fitur Khusus