in

Dompet Digital WhatsApp Pay Bakal Segera Masuk Indonesia, Kapan?

WhatsApp melakukan pendekatan ke sejumlah penyedia dompet digital dan bank BUMN

CakapCakap – Aplikasi chatting atau pesan instan WhatsApp terus mengembangkan layanan, seperti yang dilakukan oleh sejumlah aplikasi teknologi lainnya. Kini, layanan yang sudah dimiliki Facebook sebagai perusahaan induk itu tidak lagi hanya menyediakan layanan chatting, tetapi juga telah punya layanan dompet digital bernama WhatsApp Pay. Sebelumnya, Cakap People pun mungkin juga sudah mengetahui layanan tersebut telah diluncurkan di India untuk pertama kalinya, beberapa waktu lalu.

Layanan dompet digital WhatsApp Pay bakal segera hadir di Indonesia dalam waktu dekat. Via kompas.com

Kini, dalam waktu dekat layanan dompet digital WhatsApp Pay juga akan segera hadir di Indonesia, seperti yang dilaporkan oleh laman Kompas.com. Sumber internal menyatakan bahwa perusahaan tersebut sedang melakukan pendekatan dengan beberapa perusahaan pembayaran digital yang ada di Tanah Air. Jika kabar itu benar, maka Indonesia akan menjadi negara kedua yang mendapatkan layanan WhatsApp sebagai pilihan alat pembayaran digital, setelah lebih dulu diperkenalkan di India.

Beberapa penyedia dompet digital Indonesia yang kabarnya sedang didekati WhatsApp di antaranya ada GoPay milik Gojek, Dana, dan OVO milik Lippo Group. Tak hanya perusahaan swasta, WhatsApp disebut juga mendekati salah satu perusahaan BUMN, yakni Bank Mandiri, untuk pengadaan layanan pembayaran digital. Kesepakatan itu pun diperkirakan akan selesai dalam waktu dekat ini. Namun, hingga saat ini belum ada keterangan resmi, baik dari WhatsApp ataupun perusahaan yang didekati.

WhatsApp dikabarkan mendekati sejumlah penyedia dompet digital dan bank BUMN di Indonesia untuk bekerja sama. Via firstpost.com

Sementara itu, layanan dompet digital WhatsApp Pay di Indonesia juga disebut akan berbeda dari layanan mereka di India, seperti dijelaskan dalam laman Teknologi.id. Alasannya, mereka dilaporkan kesulitan memenuhi regulasi terkait lisensi dompet digital. Dompet digital WhatsApp Pay tidak akan menawarkan pembayaran peer-to-peer secara langsung, melainkan menggandeng layanan dompet digital lokal yang sudah eksis di Indonesia, makanya mereka mendekati sejumlah perusahaan lain.

Sebelumnya, layanan WhatsApp Pay di India yang sudah diperkenalkan sejak tahun 2018 lalu juga sempat tertunda pelaksanaannya, karena pemerintah setempat mempermasalahkannya dengan regulasi. Saat ini, layanan tersebut di India baru terbatas pada transaksi uang antar pengguna alias peer-to-peer. Mekanisme WhatsApp Pay menggunakan sistem Unified Payments Interface (UPI), yang memfasilitasi transaksi lintas bank di India, diantaranya State Bank of India, ICICI Bank, HDFC Bank, dan Axis Bank. Kita tunggu kehadiran WhatsApp Pay di Indonesia, ya Cakap People!

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Ternyata 3 Zodiak Ini Punya Gaya Sendiri dalam Mengatur Keuangan, Termasuk Kamu?

Bagi Warga Pendatang, Papua Adalah Rumah yang Tak Ingin Ditinggalkan Meski Konflik