in ,

Coba Buat Puding Gula Jawa yuk, Lembut & Manis!

CakapCakap – Apa yang pertama kali muncul dalam benak Cakap People jika mendengar nama gula jawa? Biasanya gula jawa memang dipadukan dengan beberapa makanan tertentu. Kendati cukup tradisional namun sebenarnya gula jawa bisa kamu olah menjadi puding yang lezat dan bertekstur lembut loh!

Tentu saja puding gula jawa bisa menarik hasrat kamu dan anggota keluarga guna menyantapnya. Kamu tidak perlu membelinya, sebab dirimu bisa membuatnya sendiri di rumah. Agaknya menu berikut bisa jadi takjil yang menarik untuk dicoba. Lantas, bagaimana cara membuat puding gula jawa? Coba ikuti ulasan berikut ini ya!

Bahan yang diperlukan

Gunakan santan kental via Maskulin.com

Rasanya tiap berbuka puasa maka takjil menjadi salah satu menu yang wajib menghiasi meja makan. Nah, kamu dapat membuat takjil yang kaya serat dan bermanfaat baik bagi kesehatan organ pencernaan. Salah satu takjil yang dimaksud ialah puding gula jawa. Untuk membuatnya, maka terlebih dahulu kamu wajib menyiapkan beberapa bahan seperti:

  • Agar-agar bubuk 2 bungkus
  • Santan kental 200 ml
  • Air 1600 ml
  • Daun pandan 2 lembar
  • Gula jawa 350 gram
  • Garam ½ sendok teh

Cara membuat

Puding gula jawa via Sajiansedap.grid.id

Sudah tak sabar ingin segera membuat puding gula jawa? Sebaiknya perhatikan langkah demi langkahnya secara seksama ya, agar hasil akhirnya seperti yang kamu inginkan. Begini caranya!

  1. Mula-mula masukkan air dalam panci dan disusul oleh santan. Lalu aduk hingga kedua bahan tersebut tercampur dengan rata.
  2. Kemudian masak air santan tersebut, tambahkan gula jawa, garam, agar-agar bubuk serta daun pandan. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur merata. Lalu masak sampai air mendidih.
  3. Selanjutnya angkat jika sudah mendidih. Kemudian tuangkan agar-agar tersebut ke dalam cetakan dengan volume 2.1. biarkan hingga agar-agar mengeras. Lalu keluarkan dari cetakan dan potong. Terakhir sajikan dalam kondisi dingin.

Cuku mudah bukan Cakap People? Kamu bisa mencoba resep tersebut untuk menunggu waktu berbuka. Takjil berupa agar-agar ini bisa membuat organ pencernaan lebih lancar dikarenakan punya kandungan serat di dalamnya. Selain itu, ia bisa memberikan kesan yang dingin di dalam perut. Selamat mencoba ya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Inilah Deretan Al Quran Ukuran Raksasa dari Berbagai Masjid di Indonesia

Jangan Malas! Ini Manfaat Penting Spooring dan Balancing Bagi Mobil