in ,

Jangan Malas! Ini Manfaat Penting Spooring dan Balancing Bagi Mobil

CakapCakap – Perawatan mobil memang sangat penting. Apalagi, jika Cakap People selama ini selalu menggunakan mobil pribadi dalam kegiatan sehari-hari. Belum lagi, jika pernah pula mengendarai mobil untuk perjalanan jauh, seperti menjelang momen mudik Lebaran misalnya. Nah, salah satu bagian perawatan yang tidak kalah penting adalah melakukan spooring dan balancing pada ban mobil. Perawatan khusus ini harus dilakukan agar ban bisa tetap berfungsi dengan baik selama perjalanan.

Spooring dan balancing pada ban mobil menjadi salah satu perawatan mobil yang sangat penting. Via otomart.id

Spooring agar ban habisnya rata, tidak makan bagian samping saja. Karena jika posisi ban tidak lurus, dan beda satu derajat umur ban berkurang tujuh persen, dan seterusnya,” ungkap Manager Operasional Carfix Indonesia, Gunawan, seperti dilaporkan oleh laman Suara.com. Terlebih lagi, ban mobil merupakan satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan aspal, sehingga menjadi komponen penting yang memerlukan perhatian khusus, serupa dengan komponen-komponen lain.

Menyetel ban mobil pun punya peran penting dalam menjaga keutuhan ban. Dengan menyelaraskan antara roda kanan dan kiri, maka risiko ban rusak akan berkurang. “Ban mobil disetel tujuannya agar kena lubang tidak rusak, dan hanya setelan yang berubah dan bisa disetel. Jika dilihat dari interval, biasanya 10 ribu km,” tambah Gunawan. Sedang manfaat dari balancing adalah untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, serta tentunya dapat mengetahui kondisi ban, velg, dan baut pada mobil.

Spooring dan balancing jadi agenda wajib untuk mendapatkan kenyamanan berkendara, terutama menjaga kondisi kaki-kaki. Via otojurnalisme.com

Selama ini, memang masih banyak yang belum menyadari pentingnya treatment berupa spooring dan balancing tersebut. Padahal, ritual ini seharusnya menjadi agenda wajib untuk mendapatkan kenyamanan berkendara, terutama menjaga kondisi kaki-kaki. “Spooring dan balancing merupakan dua hal berbeda. Spooring sendiri penyetelan sudut-sudut geometri roda depan atau belakang mobil (chamber, caster, toe), yang dapat disetel agar selaras dan disesuaikan,” jelas Wakil Kepala Bengkel Plaza Toyota di Jalan Pemuda, Jakarta Timur, Saiful Anwar, seperti yang dimuat laman Kompas.com.

Sementara balancing dilakukan untuk menstabilkan putaran ban, dengan menambahkan pemberat pada velg. Jika dilakukan rajin dan secara berkala, ada banyak manfaat yang dirasakan. “Terpenting, lakukan perawatan berkala setiap 6 bulan sekali, dan pastikan kendaraan aman dan nyaman untuk dikendarai,” ucap Saiful menambahkan. Nah, Cakap People jangan malas merawat mobilnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Coba Buat Puding Gula Jawa yuk, Lembut & Manis!

Saingi Alexa, Facebook Bakal Produksi Virtual Assistant