in

Begini Cara Melacak Langkah Kaki dengan Google Fit di Android

Bagaimana cara melacaknya?

CakapCakapCakap People! Bagaimana cara melacak langkah kaki dengan Google Fit? Di era digital seperti saat ini, menjaga kesehatan dan kebugaran menjadi semakin mudah berkat teknologi yang terus berkembang. Salah satu cara sederhana, tetapi efektif untuk memantau aktivitas fisik harian adalah dengan melacak jumlah langkah kaki.

Bagi pengguna perangkat Android, Google Fit dapat sebagai solusi yang memungkinkan pengguna untuk memantau berbagai aktivitas kebugaran, termasuk langkah kaki, dengan mudah dan akurat.

Aplikasi ini tidak hanya menghitung langkah kaki, tetapi juga menawarkan berbagai fitur pelacakan aktivitas lainnya, seperti berlari, bersepeda, dan berbagai olahraga lainnya.

 Begini Cara Melacak Langkah Kaki dengan Google Fit di Android
Ilustrasi Google Fit [Foto: samsung.com]

Dilansir dari Pusat Bantuan Google, berikut panduan lengkap tentang cara memanfaatkan Google Fit untuk melacak langkah kaki di perangkat Android:

1. Menginstal dan Menyiapkan Google Fit

Langkah pertama adalah memastikan Google Fit terinstal di perangkat Android kamu. Aplikasi ini biasanya sudah terpasang secara default pada sebagian besar perangkat Android. Jika belum ada, kamu bisa mengunduhnya secara gratis dari Google Play Store.

Setelah terinstal, buka aplikasi dan ikuti petunjuk untuk membuat atau masuk ke akun Google kamu. Ini penting untuk menyimpan dan menyinkronkan data aktivitas kamu di seluruh perangkat yang terhubung.

2. Mengatur Profil Pengguna

Untuk mendapatkan perhitungan yang akurat, penting untuk mengisi data profil kamu. Buka menu “Profil” di bagian bawah aplikasi, lalu ketuk ikon pengaturan di bagian atas. Isi informasi seperti tinggi badan, berat badan, usia, dan jenis kelamin. Data ini membantu Google Fit menghitung dengan lebih tepat jumlah kalori yang terbakar dan jarak yang ditempuh berdasarkan langkah kaki kamu.

3. Memulai Pelacakan Langkah Kaki

Google Fit secara otomatis akan mulai melacak langkah kaki kamu begitu aplikasi diatur. Namun, untuk memastikan akurasi, pastikan sensor gerak dan lokasi di perangkat Android kamu diaktifkan. Kamu bisa memeriksa ini di pengaturan perangkat Anda.

4. Melihat Statistik Langkah Kaki

Untuk melihat jumlah langkah kaki yang sudah kamu tempuh:

– Buka aplikasi Google Fit
– Di layar utama, kamu akan melihat ringkasan harian yang mencakup jumlah langkah kaki
– Ketuk pada metrik langkah kaki untuk melihat informasi lebih detail termasuk grafik dan tren mingguan atau bulanan.

5. Menetapkan Target Langkah Kaki

Google Fit memungkinkan kamu untuk menetapkan target harian untuk langkah kaki. Untuk mengatur ini:

– Buka menu “Profil”
– Ketuk “Pengaturan”
– Pilih “Tujuan aktivitas harian”
– Atur jumlah langkah kaki yang ingin kamu capai setiap hari.

Menetapkan target bisa membantu memotivasi kamu untuk lebih aktif dan mencapai tujuan kebugaran kamu.

6. Memantau Aktivitas Real-time

Google Fit juga menawarkan fitur pemantauan aktivitas real-time, yang sangat berguna saat kamu sedang berolahraga atau melakukan aktivitas fisik tertentu. Untuk menggunakan fitur ini berikut caranya:

– Di layar utama Google Fit, ketuk “Tambah” lalu “Pantau olahraga”
– Pilih jenis aktivitas yang ingin kamu lacak
– Ketuk “Mulai olahraga”.

Selama aktivitas berlangsung, kamu bisa melihat statistik real-time seperti jumlah langkah, kalori yang terbakar, dan jarak yang ditempuh.

7. Menggunakan Pengumuman Suara

Untuk pengalaman yang lebih interaktif, Google Fit menyediakan fitur pengumuman suara yang akan menginformasikan kamu tentang kemajuan aktivitas kamu. Untuk mengaktifkan fitur ini:

– Buka menu “Profil”
– Ketuk ikon pengaturan
– Di bagian “Olahraga”, pilih “Pengumuman yang diucapkan”
– Atur preferensi Anda untuk frekuensi dan jenis pengumuman yang ingin kamu dengar.

8. Sinkronisasi dengan Perangkat Lain

Salah satu keunggulan Google Fit adalah kemampuannya untuk menyinkronkan data dengan berbagai perangkat dan aplikasi kesehatan lainnya. Ini berarti kamu bisa melacak langkah kaki menggunakan smartwatch, fitness tracker, atau bahkan aplikasi kesehatan pihak ketiga yang kompatibel, dan semua data akan terkumpul di Google Fit.

9. Mengedit dan Memperbaiki Data

Jika kamu merasa ada ketidakakuratan dalam pelacakan langkah kaki, Google Fit memungkinkan kamu untuk mengedit aktivitas secara manual. Cukup buka riwayat aktivitas, pilih aktivitas yang ingin kamu edit, dan lakukan penyesuaian yang diperlukan.

Selain langkah kaki, Google Fit juga melacak metrik lain yang berkaitan dengan aktivitas kamu, di antaranya:

– Waktu aktivitas
– Kalori yang terbakar
– Jarak yang ditempuh
– Heart Points (poin yang diberikan untuk aktivitas yang meningkatkan detak jantung).

Selain itu, Google Fit dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi kesehatan dan kebugaran lainnya. Ini memungkinkan Anda untuk mengumpulkan semua data kesehatan dan kebugaran kamu di satu tempat, memberikan gambaran yang lebih holistik tentang kesehatan kamu.

Penting untuk diingat bahwa meskipun pelacakan langkah kaki adalah cara yang baik untuk memulai, ia hanyalah satu aspek dari gaya hidup sehat secara keseluruhan. Kombinasikan penggunaan Google Fit dengan diet seimbang, istirahat yang cukup, dan konsultasi rutin dengan profesional kesehatan untuk hasil terbaik.

SUMBER ARTIKEL

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Inilah Beragam Manfaat Rutin Jalan Kaki yang Tidak Banyak Disadari

Inilah Beragam Manfaat Rutin Jalan Kaki yang Tidak Banyak Disadari

Kopenhagen

10 Kota Paling Layak Huni di Dunia 2024, Tidak Ada Indonesia