in ,

Inilah Beragam Manfaat Rutin Jalan Kaki yang Tidak Banyak Disadari

Apa saja manfaat kesehatannya?

CakapCakapCakap People! Apa saja manfaat yang kita peroleh saat rutin jalan kaki? Aktivitas sederhana seperti berjalan kaki secara teratur dapat memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Jalan kaki tidak hanya menyegarkan pikiran dan memperbaiki suasana hati, tetapi juga memiliki dampak positif pada berbagai aspek kesehatan tubuh kita.

Inilah Beragam Manfaat Rutin Jalan Kaki yang Tidak Banyak Disadari
Ilustrasi

Dilansir dari health.harvard.edu, berikut beberapa manfaat rutin jalan kaki yang tidak banyak orang sadari:

1. Menangkal efek gen yang meningkatkan berat badan

Peneliti Harvard meneliti 32 gen yang meningkatkan obesitas pada lebih dari 12.000 orang untuk menentukan seberapa besar kontribusi gen ini terhadap berat badan. Di antara peserta studi yang berjalan kaki sekitar satu jam per hari menyebabkan efek gen tersebut berkurang.

2. Membantu mengendalikan keinginan untuk makan makanan manis

Penelitian dari University of Exeter menemukan bahwa berjalan kaki selama 15 menit dapat mengurangi keinginan untuk makan cokelat. Penelitian ini juga menegaskan bahwa berjalan kaki dapat mengurangi keinginan untuk makan berbagai camilan manis.

3. Mengurangi risiko terkena kanker payudara

Segala jenis aktivitas fisik dapat mengurangi risiko kanker payudara. Namun, sebuah studi American Cancer Society yang berfokus pada jalan kaki menemukan bahwa wanita yang berjalan kaki tujuh jam atau lebih dalam seminggu memiliki risiko kanker payudara 14 persen lebih rendah dari pada mereka yang berjalan kaki tiga jam atau kurang per minggu.

Berjalan kaki memberikan perlindungan ini bahkan bagi wanita dengan faktor risiko kanker payudara, seperti kelebihan berat badan atau menggunakan hormon tambahan.

4. Meredakan nyeri sendi

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa berjalan mengurangi nyeri akibat radang sendi, bahkan dapat mencegah radang sendi terbentuk sejak awal. Berjalan melindungi sendi, terutama lutut dan pinggul, yang paling rentan terhadap osteoartritis.

5. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Berjalan kaki bisa membantu melindungi kamu selama musim pilek dan flu. Sebuah penelitian terhadap lebih dari 1.000 pria dan wanita menemukan bahwa mereka yang berjalan kaki setidaknya 20 menit sehari, memiliki 43 persen risiko sakit dari pada mereka yang berolahraga seminggu sekali atau kurang.

SUMBER ARTIKEL

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Kreasi Resep Rice Paper Rolls Isi Sayuran yang Lezat dan Rendah Kalori

Resep Rice Paper Rolls Isi Sayuran Ala Bhagyashree, Sehat dan Rendah Kalori

Begini Cara Melacak Langkah Kaki dengan Google Fit

Begini Cara Melacak Langkah Kaki dengan Google Fit di Android