in ,

10 Kota Paling Layak Huni di Dunia 2024, Tidak Ada Indonesia

Selama tiga tahun berturut-turut, Kota Wina meraih peringkat satu sebagai kota layak huni

CakapCakapCakap People! Mana saja kota di dunia ini yang paling layak huni? Economist Intelligence Unit (EIU) dari The Economist Group telah merilis laporan The Global Liveability Index 2024. Dalam laporan tersebut, terdapat daftar kota yang paling layak dihuni di dunia versi tahun ini.

Dikutip dari laporan itu, konsep kelayakan dalam daftar ini adalah lokasi mana saja yang memberikan kualitas hidup terbaik dan terburuk di seluruh dunia. EIU menilai kota-kota tersebut berdasarkan lima kategori, yaitu stabilitas, layanan kesehatan, seni dan lingkungan, pendidikan, dan yang terakhir infrastruktur.

Berikut adalah 10 kota paling layak huni di dunia versi tahun 2024.

1. Wina, Austria

10 Kota Paling Layak Huni di Dunia 2024, Tidak Ada Indonesia
Ilustrasi Kota Wina, Austria

Selama tiga tahun berturut-turut, Kota Wina atau Vienna telah mendapatkan peringkat satu sebagai kota layak huni. Wina mendapatkan indeks nilai sebesar 98,4 dengan nilai sempurna di bidang stabilitas, layanan kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur.

Sedangkan, kategori seni dan lingkungan memperoleh nilai 93,4. Sebab, EIU merasa acara olahraga yang besar masih kurang ditawarkan di kota tersebut.

2. Kopenhagen, Denmark

Kopenhagen
Ilustrasi Kota Kopenhagen

Lalu disusul dengan Kota Kopenhagen di Denmark dengan indeks nilai 98. Kota ini dinilai sempurna dalam kategori infrastruktur, stabilitas, dan pendidikan.

3. Zurich, Swiss

10 Kota Paling Layak Huni di Dunia 2024, Tidak Ada Indonesia
Ilustrasi Zurich, Swiss

Kota Zurich mendapatkan nilai 100 di dua bidang, yakni layanan kesehatan dan pendidikan. Nilai indeksnya sebesar 97,1.

4. Melbourne, Australia

Ilustrasi Melbourne, Australia

Sedangkan, Kota Melbourne di Australia memiliki indeks nilai 97. Bidang layanan kesehatan dan pendidikan memperoleh nilai yang sempurna.

5. Calgary, Kanada

10 Kota Paling Layak Huni di Dunia 2024, Tidak Ada Indonesia
Ilustrasi Calgary, Kanada

Kota Calgary memang tidak seterkenal Kota Vancouver ataupun Ottawa bagi masyarakat dunia. Namun, kota ini disebut sebagai kota yang paling layak dihuni di Kanada dengan nilai indeks 96,8 dan nilai sempurna dalam bidang stabilitas, layanan kesehatan, dan pendidikan.

6. Jenewa, Swiss

Ilustrasi Jenewa, Swiss

Jenewa atau Geneva dapat rata-rata nilai yang sama dengan Kota Calgary serta dua nilai sempurna di bidang pendidikan dan layanan kesehatan. Jadi, dua kota yang berada di Swiss disebut sangat layak untuk dihuni.

7. Sydney, Australia

10 Kota Paling Layak Huni di Dunia 2024, Tidak Ada Indonesia
Ilustrasi Sydney, Australia

Nggak hanya Melbourne, Sydney juga masuk dalam daftar kota paling layak huni di tahun 2024. Nilai indeks sebesar 96,6 dan nilai 100 untuk layanan kesehatan serta pendidikan.

8. Vancouver, Kanada

Ilustrasi Vancouver, Kanada

Vancouver memperoleh angka indeks yang sama dengan Sydney. Kategori pendidikan dan layanan kesehatan pun dapat nilai sempurna.

9. Osaka, Jepang

Ilustrasi Osaka, Jepang

Jepang adalah satu-satunya negara di Asia yang masuk ke dalam daftar ini. Bukan Tokyo, melainkan Kota Osaka yang disebut paling layak dihuni nomor sembilan dari seluruh kota-kota lainnya di Jepang maupun dunia.

Osaka memperoleh nilai sempurna di kategori stabilitas, layanan kesehatan, dan pendidikan. Namun, kategori seni dan lingkungan termasuk yang paling rendah daripada sembilan kota lainnya di daftar ini, dengan angka 86,8.

10. Auckland, Selandia Baru

10 Kota Paling Layak Huni di Dunia 2024, Tidak Ada Indonesia
Ilustrasi Auckland, New Zealand

Banyak orang yang mengira Auckland adalah ibukota dari Selandia Baru. Memang bukan, tetapi Auckland merupakan kota dengan populasi tertinggi di negara tersebut.

Dengan populasi yang tinggi, Auckland tetap memberikan kelayakan hidup yang baik bagi penduduknya. EIU memberikan indeks nilai 96 untuk kota ini, sama dengan Osaka.

Kategori pendidikan dapat penilaian sempurna. Kategori seni dan lingkungan dapatkan nilai tertinggi dari kota-kota lainnya, yakni sebesar 97,9.

Dapat disimpulkan bahwa daftar kota paling layak huni di dunia memiliki sistem pendidikan yang sempurna, di mana mereka memperoleh nilai 100. Hampir semua daftar kota di atas juga menawarkan layanan kesehatan yang sangat baik, di mana delapan dari sepuluh kota tersebut mendapatkan nilai sempurna.

Menurut Beauties, butuh berapa tahun lagi kota-kota di Indonesia masuk ke dalam daftar itu?

SUMBER ARTIKEL

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Begini Cara Melacak Langkah Kaki dengan Google Fit

Begini Cara Melacak Langkah Kaki dengan Google Fit di Android

Resep Ayam Geprek ala Chef Devina Hermawan, Pedasnya Nampol!

Resep Ayam Geprek ala Chef Devina Hermawan, Pedasnya Nampol!