in

Tips Bikin Password Agar Tak Mudah Dibobol!

CakapCakap – Di era millennial seperti sekarang ini penggunaan password memang cukup marak. Sebab hampir semua produk digital mengharuskan pemakaian password atau kata sandi guna mengakses produk yang bersangkutan. Sehingga produk digital lebih aman untuk digunakan karena password yang Cakap People pakai secara otomatis hanya diketahui oleh dirimu saja.

Kendati demikian bukan hal yang tak mungkin jika password bisa dibobol. Umumnya password akan dipasang di smartphone, laptop hingga PC. Bahkan media sosial pun juga memiliki password yang dibuat oleh para penggunanya. Jika kamu ingin keamanan penggunaan password lebih tinggi sehingga tak mudah dibobol oleh orang, maka simak tipsnya berikut ini!

1. Penggabungan huruf besar, simbol dan nomor

Password pakai angka via Jalantikus.com

Ingin membuat password yang lebih sulit dan tidak bisa ditebak? Maka kamu bisa menggabungkan beberapa unsur, mulai dari simbol, huruf besar dan juga nomor. Simbol yang kamu gunakan pun bisa yang mudah diingat. Misalnya saja tanda seru, titik hingga koma. Apabila kamu memakai perpaduan tersebut maka sebaiknya jangan mengulangi kembali simbol, nomor dan huruf secara berdekatan. Misalnya saja ‘ca4li1Nd1’.

2. Jangan memakai kata asli

Kata sandi dengan pola via Detikgadget.com

Jika kamu telah menemukan kalimat yang tepat untuk dijadikan kata sandi, maka sebaiknya jangan ambil kalimat asli. Melainkan ambil beberapa kata yang penting dari kalimat tersebut. Misalnya saja ‘calindi’. Dengan pemakaian kata tersebut tentu saja orang jadi tak mudah saat menebaknya. Bukan demikian?

3. Pilih kalimat yang sulit ditebak

Pilihan password untuk PC via Teknologi.id

Umumnya password terdiri dari beberapa ragam, ada yang tersusun atas angka, simbol hingga kata. Kamu bisa membuat password yang terdiri dari susunan kalimat yang terstruktur. Sebaiknya pilih kalimat yang gampang kamu ingat namun hindari untuk mencantumkan kalimat-kalimat yang memuat tentang dirimu dan kehidupan kamu. Makin panjang password yang kamu pakai maka akan semakin baik. Misalnya saja kamu memakai kalimat password seperti ‘cicaksulitmandi’ atau sebagainya.

Nah itu dia beberapa tips yang dapat Cakap People terapkan jika tak ingin password mudah dibobol oleh orang. Tentunya alat-alat digital maupun perangkat elektronik merupakan benda yang bersifat pribadi. Maka dari itu pemakaian password diperlukan supaya privasi tetap terjaga. Selamat mencoba ya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Will Smith Hengkang, Deadshot Dihapus dari ‘Suicide Squad’, Siapa Penggantinya?

Suka Marah-marah? Ini Bahaya Kesehatan yang Akan Kamu Alami!