in ,

Pandai Baca Peluang, Gadis 11 Tahun Jadi Miliarder Berkat Jual Beli Password

Per password buatan Mira Modi bisa dihargai Rp 28.000

CakapCakap – Memiliki bisnis sendiri merupakan salah satu hal yang diinginkan oleh banyak orang. Sayangnya, seseorang merasa bingung dari mana dan jenis bisnis apa yang harus dimulai. Nah, Cakap People harus tahu jika inspirasi dari bisnis sebenarnya bisa datang dari mana saja lho!

Mulai dari hobi, saran dari orang lain, lingkungan sekitar dan lain sebagainya, semua itu bisa mendatangkan inspirasi yang akan menjadi cikal bakal dari bisnismu. Asalkan kamu bisa jeli dan mampu melihat peluang dari hal itu. Terbukti, sebagai contoh ada seorang anak berusia 11 tahun asal New York City yang berhasil melihat peluang bisnisnya sendiri.

Mira Modi pemilik situs dicwarepasswords (foto: dicwarepasswords)

Gadis tersebut adalah Mira Modi. Adapun bisnis yang ia lakukan adalah bisnis yang cukup langka dengan menjual password. Kedengarannya cukup aneh bukan? Namun jangan salah, karena nyatanya bisnis ini cukup menguntungkan lho!

Mira sendiri sejak kecil telah memiliki hobi dalam menemukan password dengan metode melempar dadu. Metode tersebut juga disebut dengan Diceware. Password yang ia ciptakan begitu kuat namun tetap mudah untuk diingat.

Cara yang ia lakukan adalah dengan melempar dadu enam sisi beberapa kali guna menghasilkan angka yang acak lalu dicocokkan dengan indeks kata-kata dalam bahasa Inggris. Ia kemudian merangkai mereka dalam frasa yang acak seperti halnya “alger kIm curry blon puck horse”.

Kedengarannya tidak masuk di akal sih, tapi tahukah kamu jika nyatanya ungkapan yang tak selalu masuk akal ini justru sulit untuk diretas dan menjadikannya password yang kuat. Untuk panjang password pun Mira bisa menyesuaikannya sesuai permintaan si pembeli.

Mira Modi, pebisnis password yang masih belia (foto: deccanchronicle)

“Saya memulai hal ini sekitar 2 tahun yang lalu ketika ibu saya sedang menulis bukunya dan dia belajar tentang Diceware. Dia tidak mau melempar dadu, jadi aku yang melakukannya. Lalu aku mulai membuat sandi untuk orang lain yang ada di acara bukunya,” ujar Mira.

Ibu dari pebisnis cilik ini merupakan seorang jurnalis dan juga merupakan penulis ProPublice yaitu Julia Angwin. Ia juga menulis mengenai alat privasi online serta pelacakan digital dalam bukunya yakni “Dragnet Nation”

Mira sendiri membuat tarif untuk password sekitar Rp28.000 dan mendirikan perusahaan yang diberi nama dicewarepasswords.com. Penghasilan Mira pun mencapai angka miliaran. Wah, sangat menginspirasi ya Cakap People! Dari sebuah kebiasaan yang bisa dibilang sepele, berbuah pada sebuah bisnis yang hasilnya sangat menjanjikan.

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Berawal dari Rental DVD, Kisah Sukses Bos Netflix Ini Menginspirasi

Mengenal Garuda, Mobil Listrik Asli Indonesia Buatan Mahasiswa UNY