in ,

Tinggal di Arab Saudi Sejak Tahun 2017, Berapa Biaya Hidup Habib Rizieq Shihab?

Total biaya hidup di Arab Saudi tentu jauh lebih mahal dibanding di Jakarta

CakapCakap – Cakap People yang suka mengikuti berita politik dalam negeri pasti sudah mengetahui bahwa Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab menetap di Arab Saudi. Dia sendiri memilih tinggal di Negeri Arab tersebut sejak bulan April 2017, tidak lama setelah kasus penistaan agama Islam muncul dan merebak hingga terjadinya aksi Bela Islam 212 pada tanggal 2 Desember 2016. Keberangkatannya diawali dengan umrah bersama keluarga hingga kini tinggal di rumah sewa.

Baru-baru ini muncul wacana untuk memulangkan Habib Rizieq Shihab dari Arab Saudi sebagai bagian dari rekonsiliasi pasca Pemilu 2019. Via infeed.satu.news

Seiring dengan selesainya Pemilu 2019 muncul wacana untuk memulangkan kembali Habib Rizieq ke Indonesia, sebagai bagian ekonsiliasi. Namun, sebelum membahas upaya kepulangan Habib Rizieq, ada hal menarik yaitu terkait biaya hidupnya di Arab Saudi. Dia tentu butuh uang yang tidak sedikit untuk hidup bersama keluarganya, untuk membayar sewa rumah, makanan, pakaian, dan lainnya.

Secara umum, biaya hidup di Arab Saudi jauh lebih mahal, seperti dilaporkan oleh laman Detik.com. Sekali makan di Makkah saja membutuhkan dana sekitar 26 riyal, atau sekitar Rp 97 ribu. Sedangkan harga makanan cepat saji dijual 19 riyal atau Rp 69 ribu. Untuk makanan lain, seperti daging ayam dan telur masing-masing dijual Rp 45 ribu dan Rp 35 ribu. Lalu, untuk roti dijual sekitar Rp 5 ribu. Sementara harga sewa rumah mulai Rp 4 juta untuk ukuran studio hingga ada Rp 10 juta per bulan.

Habib Rizieq Shihab sudah tinggal di Arab Saudi bersama keluarga sejak 2017, di mana biaya hidupnya tentu lebih mahal dibanding Jakarta. Via santrinow.com

Selain itu, juga ada kebutuhan pakaian, meski harganya di sana tak berbeda jauh dengan Indonesia. Kemudian, sehari-hari Habib Rizieq juga bepergian menggunakan mobil sehingga butuh bahan bakar minyak (BBM) yang dijual Rp 3.600 per liter. Jika bepergian menggunakan transportasi umum, maka harus merogoh sekitar Rp 1,4 juta per bulan untuk tiket berlangganan, dan jika menggunakan taksi membutuhkan Rp 306 ribu untuk sekali perjalanan. Tentu total biaya hidup jadi jauh lebih mahal.

Nah, jika pulang ke Indonesia, biaya tiket kepulangan Habib Rizieq juga cukup mahal. Menurut laman laman Detik.com, harga tiket paling murah sekitar Rp 4,7 juta per orang dengan satu kali transit yang memakan waktu sekitar 13 jam menggunakan Oman Air. Selain itu, bisa dengan Saudi Airlines senilai Rp 5,5 jua per orang dengan perjalanan hanya 9 jam 45 menit. Bagaimana menurut Cakap People?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Mau Menurunkan Berat Badan? Lakukan Olahraga di Waktu yang Sama Setiap Hari!

Ingat! Para Lansia Perlu Rutin Berolahraga untuk Kurangi Dampak Polusi Udara