in ,

Ingat! Para Lansia Perlu Rutin Berolahraga untuk Kurangi Dampak Polusi Udara

Para lansia bisa berolahraga yoga, berenang, sepeda, dan paling aman adalah berjalan kaki

CakapCakap – Olahraga tak hanya penting bagi para kawula muda seperti Cakap People. Berolahraga secara rutin dan teratur pun seharusnya juga dilakukan oleh orang-orang lanjut usia (lansia). Meski tenaga mereka tidak lagi sebanyak dan sebesar anak-anak muda, namun para lansia juga harus tetap olahraga demi menjaga tubuh agar tetap fit dan tak gampang diserang penyakit. Apalagi, jika para lansia tinggal di kawasan polusi udara, maka olahraga sangat penting untuk mengurangi dampaknya.

Para lansia perlu tetap aktif bergerak, salah satunya dengan berolahraga, untuk meminimalisir bahaya penyakit yang dapat mengintai. Via liputan6.com

Para lansia memang termasuk salah satu kelompok yang sangat rentan terhadap dampak dari polusi udara, seperti dilaporkan oleh laman VIVA.co.id. Untuk meminimalisir bahaya penyakit yang dapat mengintai akibat dari polusi udara, ternyata para lansia perlu tetap aktif bergerak. Dengan begitu, tubuh pun akan terasa lebih bugar, dan pastinya bisa menjaga kesehatan. “Tetap keluar rumah tak apa-apa. Lebih baik olahraga. Kalaupun kena polusi, tidak akan memengaruhi terlalu banyak,” ujar dokter spesialis penyakit dalam, Prof Dr dr Siti Setiati SpPD-KGER, MEpid menjelaskan baru-baru ini.

Menurutnya, olahraga apapun bisa dilakukan oleh para lansia. Namun, jenis olahraga yang sangat disarankan untuk para lansia adalah jalan kaki. “Mau yoga, berenang, sepeda, silahkan saja. Tapi memang yang aman adalah jalan kaki. Olahraga harus melihat kemampuan lansianya” tambahnya. Olahraga berjalan kaki memang diketahui memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia, termasuk juga para lansia. Apalagi, jalan kaki sangat gampang dilakukan, tanpa butuh keterampilan khusus.

Selain jalan kaki sebagai olahraga paling aman, para lansia juga bisa melakukan yoga, berenang dan sepeda. Via vivahealth.co.id

Menurut Prof Siti, kondisi para lansia yang mulai mengalami penurunan fungsi pada organ tubuhnya, dapat memicu bahaya akibat dari tingkat polusi udara yang tinggi. Berbagai penyakit pun mengintai, seperti influenza, gangguan pada paru-paru dan saluran pernapasan bagian atas. “Influenza penyakit sederhana tapi bisa berakibat fatal pada orang tua. Influenza pada lansia sulit sembuh dan malah menurunkan daya tahan tubuh serta kena infeksi paru seperti pneumonia,” katanya menambahkan.

Apalagi, bagi para lansia yang tinggal di Jakarta, di mana baru-baru ini dilaporkan bahwa ibukota jadi salah satu kota dengan tingkat polusi udara terburuk di dunia. Oleh karena itu, para lansia penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan berolahraga secara rutin. Tolong diingatkan para orang tuanya ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Tinggal di Arab Saudi Sejak Tahun 2017, Berapa Biaya Hidup Habib Rizieq Shihab?

Ini Dia Daftar Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Stres!