in ,

Mau Menurunkan Berat Badan? Lakukan Olahraga di Waktu yang Sama Setiap Hari!

Berolahraga di waktu yang sama setiap hari juga bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur

CakapCakap – Setiap orang pasti rela melakukan apapun demi bisa menurunkan berat badan, salah satunya adalah dengan berolahraga secara rutin dan teratur. Cakap People sendiri pun pasti punya jadwal berolahraga dengan tujuannya masing-masing. Nah, agar target menurunkan berat badan bisa tercapai dengan baik, ternyata diyakini ada waktu sakral yang bisa membantunya lebih cepat. Penelitian menemukan fakta bahwa sebaiknya selalu berolahraga pada waktu yang sama setiap hari.

Berolahraga di waktu yang sama setiap hari bisa efektif membantu menurunkan berat badan. Via alodokter.com

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 375 orang dewasa yang berhasil menurunkan berat badan dengan latihan fisik intensitas sedang hingga kuat menunjukkan bahwa waktu yang sama setiap hari dalam melakukan olahraga bisa sangat efektif dalam membantu menurunkan berat badan, seperti yang dilaporkan oleh laman Health.Detik.com. Misalnya, jika sudah terbiasa berolahraga di pagi hari, maka lakukanlah tetap di waktu yang sama setiap harinya. Menurut penelitian tersebut, itu dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat dibandingkan mengubah-ubah waktu olahraga.

Menurut penelitian lain, olahraga di pagi hari setiap hari juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, di mana tubuh akan lebih banyak memanfaatkan simpanan lemak dari karbohidrat untuk energi. Tidak hanya itu saja, berolahraga di waktu yang sama setiap hari juga bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur. Ini sangat penting, karena kurang tidur dapat memicu kenaikan berat badan seiring dengan lebih banyaknya konsumsi kalori per hari. Orang yang kurang tidur atau hanya tidur 4-5 jam akan mengonsumsi 300 kalori lebih banyak per hari dari mereka yang tidur 7-9 jam.

Berolahraga di waktu yang sama setiap hari juga bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur. Via okezone.com

Berolahraga pada pagi hari ataupun sore hari dianggap pula sebagai waktu yang sama-sama tepat untuk melakukan olahraga, seperti dijelaskan dalam AloDokter.com. Tidak ada bukti penelitian yang menjelaskan tentang waktu yang tepat untuk olahraga. Semua waktu pun dapat digunakan untuk aktivitas fisik. Namun, jika melakukan olahraga di luar ruangan, hati-hati dengan sinar matahari sejak pukul 10 pagi hingga 4 sore, dikarenakan radiasi ultraviolet yang tinggi pada rentang waktu tersebut.

Jika masih bingung memilih olahraga pagi atau di sore hari, coba perhatikan ritme sirkadian tubuh, yakni ritme tubuh yang diatur rotasi bumi selama 24 jam, dan memiliki pola berdasarkan kebiasaan. Seseorang bisa menentukan satu waktu yang tepat, di mana tubuhnya pun paling merasa siap untuk berolahraga, mengikuti ritme sirkadian tubuh tersebut. Nah, selamat berolahraga ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Siap-Siap! Ponsel BM Tak Bisa Lagi Digunakan di Indonesia Mulai 17 Agustus 2019

Tinggal di Arab Saudi Sejak Tahun 2017, Berapa Biaya Hidup Habib Rizieq Shihab?