in

Ternyata, ini Penyebab Sinyal Router Wi-Fi Lemah!

CakapCakap – Teknologi informasi dan komunikasi terus saja mengalami perkembangan pesat. Salah satunya, mengakses internet dengan perangkat komputer pribadi (PC) atau komputer jinjing (laptop) pun sudah bisa dilakukan tanpa kabel dengan cara menghubungkan koneksinya melalui router Wi-Fi. Namun terkadang, Cakap People mungkin sering kali menemukan kondisi akses melalui alat untuk mengantarkan koneksi internet itu sangat lambat, sehingga akan membuat kesal karena menunggu.

Ternyata, ada trik-trik khusus yang harus diperhatikan ketika memasang router tersebut. Sering kali banyak orang yang belum memahami posisi router dengan baik dan benar. Marketing Manajer TP-Link Indonesia Biko Yoshia di laman Viva.co.id, menyarankan agar router ditempatkan di posisi yang lebih tinggi dibandingkan benda sekitar, atau setidaknya sejajar. Pasalnya, menurutnya benda-benda lain di sekitanya, seperti televisi dan kursi akan bisa menjadi penghalang sinyal internet dari router.

Posisi router Wi-Fi juga sangat menentukan terhadap kekuatan sinyal internet yang akan diterima via Dailywuz.

“Kalau di bawah dekat lantai dan kaca itu juga jangan. Karena mereka sifatnya memantulkan sinyal, malah jadi gak baik. Pokoknya, harus lebih tinggi dibanding benda sekitar,” ungkapnya. Sementara untuk rumah bertingkat, bisa meletakkannya di lantai atas agar bisa menjangkau semua ruangan. Tapi, bisa juga diletakkan di lantai bawah, dengan alasan karena ruang tamu dan ruang keluarga ada di bawah, sehingga koneksi internet yang dihasilkan akan jauh lebih baik sesuai dengan kebutuhan.

Perlu pula dipahami bahwa sinyal dari router yang tidak mau terhubung atau mungkin sangat lemah, bisa jadi juga disebabkan karena alat tersebut sedang mengalami masalah. Menurut JalanTikus.com, masalah itu bisa karena hardware atau kondisinya. Ada pun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya, seperti me-restart router dengan mencabut kabel power dan lalu menghidupkan lagi. Selain itu, bisa pula dengan mengganti posisi router dan pastikan antenanya di posisi vertikal.

Kemudian, biasakan untuk mengecek suhu router, karena panas yang berlebihan membuat sinyalnya tidak stabil. Jika router masih tetap bermasalah, maka cara terakhir dengan melakukan factory reset, namun kamu harus melakukan pengaturan ulang. Nah, Cakap People harus perhatikan trik ini ya! [ED/RM]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Dukung Jagoanmu! Pemerintah Bagikan 5.000 Tiket Gratis Asian Para Games 2018

Siap Migrasi? 2028 Markas Manusia di Planet Mars Akan Dibangun