in

Saingi Alexa, Facebook Bakal Produksi Virtual Assistant

CakapCakap – Perusahaan sosial media terbesar di dunia, Facebook, saat ini sedang mengembangkan Voice Assistant bersama dengan Portal dan Oculus. Kabarnya produk ini akan menyaingi dua Voice Assistantyang telah populer di dunia, yaitu Google Assistant dan Amazon Alexa.

Dilansir dari CNBC, Facebook saat ini telah mengkonfirmasi bahwa ia sedang merencanakan untuk membuat Voice Assistant berbasis AI (Artificial Intelligence), yang merupakan visi dasar dari asisten AI untuk platform Messenger-nya yang disebut dengan “M”.

Facebook akan membuat AI dan Voice Assistant via Rawpixel
https://www.rawpixel.com/image/550353/woman-using-facebook-application-laptop

Perusahaan teknologi ini telah merencanakan inisiatif ini sejak 2018 silam. Rencana ini sendiri datang akuisisi AR (Augmented Reality), dan juga devisi VR (Virtual Reality), sebuah divisi yang bekerja pada hardware termasuk headset VR dari perusahaan Oculus.

Sebuah tim yang berbasis di Redmond, Washington, AS, saat ini menjadi pelopor utama rencana asisten AI baru. Rencana ini akan dipimpin oleh Ira Snyder, direktur AR/VR dan Facebook Assistant.

Mereka juga dilaporkan sedang berbicara dengan sekelompok vendor di pasar smart speaker, yang menunjukkan tantangan besar mengingat seberapa jauh perangkat AI seperti Amazon Alexa. Belum lagi investasi besar yang dilakukan Google dalam teknologi bahasa.

Snyder mengatakan bahwa projek ini akan diberi nama The Verge. Namun, apakah nama ini akan terus digunakan hingga perilisan produk, hal tersebut belum dapat dikonfirmasi. 

Facebook akan update AIvia Pixabay
https://pixabay.com/illustrations/social-network-facebook-network-76532/

Seperti yang diketahui, Facebook telah mengatakan bahwa mereka akan meninggalkan fokus olah pesan kepada platform digital berbasis hands-free interaction. Upaya ini akan dilakukan oleh divisi perusahaan yang bekerja pada proyek teknologi serta perangkat keras dalam jangka yang panjang, termasuk headset Oculus. Itu artinya saat ini Facebook tak hanya sedang mengupayakan Voice Assistant saja tapi juga gesture control.

“Kami sedang berupaya untuk mengembangkan teknologi voice assitant dan AI sehingga dapat diimplementasikan kepada seluruh pengguna dan keluarga kami, termasuk Portal, Oculus, dan produk lainnya di masa depan,” kata juru bicara Facebook. 

Jika laporan ini benar maka ada kemungkinan Facebook tidak memposisikan Voice Assistant-nya sebagai saingan Alexa melainkan fitur eksklusif yang dikembangkan dalam perangkat kerasnya nanti.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Jangan Malas! Ini Manfaat Penting Spooring dan Balancing Bagi Mobil

Berikut Bahan Alami yang Bisa Digunakan untuk Merawat Kuku!