in

Segera Merilis Fast Share, Google Tantang AirDrop Apple

Cara kerja Fast Share ini mirip dengan AirDrop Apple di iOS dan Mac.

CakapCakap – Google saat ini dikabarkan tengah bekerja pada cara baru yang menyederhanakan proses berbagi file antara berbagai perangkat, termasuk Android dan Chromebook. Awal tahun 2019 ini, Google mengkonfirmasi bahwa Android Q akan mencabut metode berbagi Android Beam berbasis NFC yang diperkenalkan dengan 4.0 Ice Cream Sandwich pada tahun 2011.

Saat ini Google tengah disibukkan dengan proyek barunya bernama Fast Share yang cara kerjanya mirip dengan AirDrop Apple di iOS dan Mac. Ini tampaknya merupakan teknologi yang sama dengan yang saat ini tersedia di aplikasi Google Files.

https://www.androidauthority.com/google-fast-share-1003788/
https://www.androidauthority.com/google-fast-share-1003788/
https://www.androidauthority.com/google-fast-share-1003788/

Fast Share di Android dapat digunakan untuk berbagi gambar dan file lain di ponsel kamu – serta URL dan potongan teks – ke perangkat terdekat tanpa memerlukan koneksi internet. Proses pengaturannya juga cukup sederhana. Cukup buka aplikasi lalu masukkan “Device Name” yang diinginkan dan ketuk “Turn On“.

Perlu diingat bahwa proses membutuhkan Bluetooth dan Lokasi harus diaktifkan, dengan kedekatan fisik antarperangkat juga diperhitungkan. Untuk memulai, lihat daftar perangkat terdekat yang muncul di bawah. Setelah kamu memilih penerima dari kisi perangkat terdekat, UI layar penuh akan mencatat apa yang dibagikan dan menampilkan indikator progres melingkar.

Saat menerima file di Android melalui Fast Share, perangkat akan mendapatkan pemberitahuan untuk “Accept” atau “Reject” dengan detail seperti nama perangkat pengirim dan ID koneksi. Ada juga antarmuka layar penuh dengan kontrol yang sama. Kamu bisa langsung membuka file segera setelah transfer selesai.

Google Pixel via Review Geek
https://www.reviewgeek.com/thumbcache/0/0/e9027ffae22c4547f40c255496b86f8d/p/uploads/2019/05/d42c3615.jpg

Di bagian keselamatan dan keamanan, Fast Share memungkinkan kamu memasukan nama-nama perangkat yang sering melakukan pertukaran data dengan kamu ke daftar “Preferred Visibility“. Pengaturan untuk fitur ini tersedia di sudut kanan atas antarmuka berbagi utama.

Orang-orang yang masuk pada daftar tersebut selalu dapat melihat keberadaan perangkat kamu saat berada dalam jarak batas yang ditentukan, bahkan jika kamu tidak sedang menggunakan Fast Share.

Sayangnya, Fast Share saat ini hanya tersedia pada ponsel Pixel yang telah menggunakan OS Android Q. Perangkat kemungkinan akan dapat memakai fitur baru ini setelah melakukan pembaruan Google Service mereka. Sampai saat ini belum ada pernyataan akan kapan resminya fitur ini akan diluncurkan.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Setelah Berolahraga, Sebaiknya Mandi Air Hangat Atau Air Dingin?

Russo Bersaudara Ungkap Ingin Membuat Film Dokumenter Stan Lee