in ,

Mau Rayakan Hari Kartini? Ternyata Pakaian Adat Bisa Disewa Lewat Online Lho!

CakapCakap – Indonesia memperingati Hari Kartini setiap tanggal 21 April, di mana pada tahun 2019 ini tepat pada hari Minggu (21/4/2019). Di antara Cakap People tentu ada yang tengah bersiap-siap untuk mengikuti upacara dan perayaan Hari Kartini di kotanya masing-masing. Nah, biasanya urusan mencari pakaian adat untuk upacara dan perayaan hari besar nasional seperti Hari Kartini ini akan cukup merepotkan. Pasalnya, memang tak di semua tempat tersedia pakaian adat khusus seperti itu.

Sekarang sudah ada penyewaan pakaian adat tradisional secara online, untuk kebutuhan hari besar nasional seperti Hari Kartini. Via safiamita.blogspot.com

Namun, kamu tak perlu khawatir lagi, karena sekarang ternyata sudah ada penyewaan pakaian adat di Indonesia melalui online, salah satunya adalah gerai Sewaajah.com, seperti dilaporkan oleh laman Detik.com. Gerai penyewaan online ini menyediakan beragam baju adat tradisional dari semua suku yang ada di Tanah Air. Menariknya, tarif sewa yang dipatok cukup terjangkau, mulai dari Rp 100 ribu untuk pakaian adat ukuran anak-anak. Sedang untuk dewasa sekitar Rp 150 ribu sampai Rp 700 ribu.

“Kalau event Kartini begini memang ramai. Kalau Kartini seperti ini, pesanan pun bisa 2-3 kali lipat dibandingkan hari biasa,” ungkap Tia Amalia Ulfah, pemilik gerai online Sewaajah.com di Bekasi. Dia sendiri tak hanya menyewakan pakaian adat melalui website saja, tapi juga lewat akun media sosial Instagram. Jika sudah memesan, maka pakaian akan diantar melalui kurir ke alamat rumah pemesan. Jika ingin mendatangi langsung, gerai pakaian adat milik Tia ini ada di kawasan Bintara, Bekasi Barat.

Pakaian adat tradisional biasanya dibutuhkan untuk upacara atau pawai peringatan hari besar nasional seperti Hari Kartini pada 21 April 2019. Via antarafoto.com

Selain itu, ada pula pilihan lain lewat penyewaan baju adat online di situs Sewabajuadat.id dan akun media sosial Instagram WOW Salon & Butik milik Lili, salah seorang pemilik usaha penyewaan baju adat dan salon di kawasan Kalibata, Jakarta, seperti dimuat dalam laman Kumparan.com. “Banyak sekali yang minat, ini tidak hanya anak sekolah yang menyewa tapi juga dari kalangan perusahaan seperti bank dan perusahaan tambang,” ucap pemilik WOW Salon & Butik itu pula menceritakannya.

Menurutnya, bisnis persewaan baju adat di Jakarta mendapat dampak positif dari peringatan Hari Kartini, di mana ada peningkatan sekitar 80 persen daripada hari biasa. Bahkan, Lili mengaku telah menyewakan sekitar 50 pasang baju adat untuk Hari Kartini. Nah, Cakap People mau sewa juga?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Wow! Apple dan Google Hapus Aplikasi Tik Tok di India, Kenapa?

Inilah Manfaat Konsumsi Makanan Pedas yang Jarang Diketahui!