in ,

Ini Dia Gerakan Pendinginan yang Wajib Dilakukan Usai Olahraga Lari!

CakapCakap – Olahraga lari merupakan salah satu aktivitas fisik yang banyak dilakukan oleh orang. Sebab jenis latihan berikut cukup sukses dalam membuat keringat bercucuran. Sehingga kalori serta lemak yang terbakar juga bisa lebih banyak. Namun ada beberapa hal yang perlu Cakap People perhatikan di kala selesai melakukan aktivitas lari.

Sebab ada tahap yang tak boleh kamu lewati, salah satunya ialah tahap pendinginan. Jangan pernah melewatkan tahap yang satu ini guna menghindari risiko cedera. Nah, apa saja gerakan pendinginan yang wajib dilakukan setelah olahraga lari? Ini dia daftarnya!

1. Gerakan peregangan kupu-kupu

Awali dengan duduk bersila via Wanita22.com

Sudah tahu cara melakukan gerakan peregangan ini? Kamu hanya perlu duduk di lantai sembari menekuk kedua kaki ke arah dalam. Lakukan hingga kedua telapak kaki berhadapan atau seperti duduk bersila. Lantas, tekuk tubuh dengan perlahan ke arah depan guna membuat intensitas meningkat. Tahan posisi tersebut selama kurang lebih 30 detik.

2. Peregangan pada betis

Bisa membuat otot paha lebih kuat via Senamyoga.com

Cara melakukan gerakan peregangan ini cukup mudah. Cobalah untuk berdiri tegak dengan posisi kaki kanan di depan sementara kaki sebelah kiri di belakang, lalu luruskan dengan punggung. Pastikan jika kedua kaki tersebut telah menapak sepenuhnya, menghadap depan serta lurus. Kemudian tekuk kaki kanan depan secara perlahan dan sedikit turunkan tubuh. Maka kamu akan dapat merasakan adanya tarikan di bagian betis belakang kaki kiri. Ulangi gerakan berikut masing-masing 15 detik untuk kaki kiri dan kanan.

3. Kepala ke lutut

Gerakan kepala mencium lutut via Americanpillo.com

Jenis peregangan yang satu ini biasa dilakukan oleh pelari. Untuk bisa melakukannya kamu harus duduk di bawah dengan kaki bagian kanan yang menekuk ke dalam. Sedangkan untuk kaki kiri tetap lurus. Sebisa mungkin tekan telapak kaki kanan menuju ke arah paha kiri. Lalu coba untuk menekuk tubuh ke arah kaki kiri sampai kepala menyentuh bagian lutut. Upayakan untuk menjaga bahu supaya sejajar dengan permukaan. Lalu tahan posisi tersebut dalam 30 detik, selanjutnya tukar posisi kaki.

Beberapa gerakan pendinginan di atas bisa Cakap People lakukan usai melakukan olahraga lari. Ada beberapa aturan yang perlu kamu jalankan ketika melakukan gerakan pendinginan, seperti teratur saat melakukan peregangan serta mengambil napas dalam-dalam. Kamu tak boleh terlalu memaksakan diri hingga merasakan sakit. Apabila muncul rasa sakit saat melakukan pendingnan maka sebaiknya hubungi dokter untuk diperiksa.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Kecanduan Video Game Segera Ditetapkan Sebagai Penyakit Resmi oleh WHO

Ducati Rilis Skuter Listrik Bernama Cux, Ini Penampilannya!