in ,

Ternyata Ini loh Alasan Mengapa Kamu Harus Melakukan Pemanasan Sebelum Olahraga!

Manfaat melakukan pemanasan sebelum olahraga

CakapCakap Pemanasan merupakan salah satu tindakan yang wajib dilakukan sebelum Cakap People memulai kegiatan olahraga. Mungkin banyak orang yang berpikir untuk apa melakukan pemanasan. Padahal pemanasan mempunyai manfaat yang sangat penting loh! Tak peduli seberapa sering kamu berolahraga, namun pemanasan harus tetap dilakukan.

Sehingga otot dan tubuh tak jadi kaget kala menjalani aktivitas fisik yang terbilang berat. Selain itu, risiko untuk cedera pun bisa berkurang. Nah, jika kamu bertanya-tanya terkait manfaat pemanasan maka ulasan berikut ini bisa membantu kamu loh!

1. Membuat asam laktat berkurang

Manfaat pemanasan yang sering disepelekan via Hellosehat.com

Ketika kamu melakukan olahraga, maka bisa berpotensi untuk membuat asam laktat di dalam tubuh meningkat. Apabila kandungan tersebut terlalu banyak maka bisa tertimbun dalam otot dan darah. Kendati tak berbahaya, namun penumpukan zat tersebut mampun menimbulkan nyeri otot. Bahkan kamu pun akan merasa tak nyaman sewaktu olahraga. Tetapi tumpukan asam laktat bisa dihindarkan dengan melakukan pemanasan sebelum olahraga serta pendinginan usai aktivitas fisik.

2. Membantu kesehatan sendi dan tulang

Menjadikan tulang dan sendi lebih sehat via Hellosehat.com

Berbekal pemanasan maka kesehatan sendi dan tulang bisa terjaga dengan baik. Sebab risiko untuk cedera pada bagian tersebut dapat dihindarkan. Selain itu, pemanasan juga dapat membantu cairan yang berfungsi guna melumasi persendian meningkat. Alhasil sendi akan jadi lebih fleksibel dan licin. Kamu pun bisa terhindarkan dari risiko sendi terkunci maupun korosi selama melakukan latihan. Apabila kamu melakukan aktivitas fisik yang terlalu banyak melibatkan lutut, misalnya saja olahraga squat atau lari maka pemanasan harus dilakukan.

3. Mengurangi risiko cedera

Cegah cedera tulang via Cdr.co.id

Bukan rahasia lagi jika dengan pemanasan maka risiko cedera dapat dikurangi. Selain itu, pemanasan juga membuat otot lebih lentur dan tak kaku. Alhasil kala kamu melakukan gerakan yang ekstrem, misal angkat beban atau menendang maka peluang untuk cedera, otot kram hingga sobek dapat dihindarkan. Perlu kamu pahami jika otot sobek termasuk salah satu cedera yang cukup serius dan menyakitkan. Bahkan untuk menyembuhkannya memerlukan waktu yang lama.

Nah, itu dia manfaat melakukan pemanasan. Cakap People dapat melakukan pemanasan 10-15 menit sebelum olahraga. Dengan demikian risiko cedera dapat dicegah dengan baik. Kamu pun bisa mendapatkan hasil yang sempurna dengan olahraga yang disertai pemanasan dan pendinginan.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Ingin Memulai Hari Agar Lebih Semangat? Awali dengan Konsumsi Ragam Minuman Ini!

Peringati Hari Anak Nasional (HAN), Inilah Kegiatan yang Dilaksanakan oleh Dinas Sosial di Kota Makassar