in ,

Ternyata Olahraga Lari Punya Efek Samping yang Buruk loh, Apa Saja?

CakapCakap – Kira-kira siapa ya Cakap People yang gemar melakukan olahraga lari? Jenis aktivitas fisik yang satu ini memang terbilang baik guna menjaga kebugaran tubuh. Selain itu, dengan lari maka kalori dan lemak yang ada dalam tubuh bisa terbakar dengan baik. Alhasil berat badan kamu tidak akan berlebihan.

Walau begitu, ternyata olahraga lari juga memiliki efek samping yang cukup negatif loh! Jadi kamu harus tetap mewaspadai hal tersebut. Lantas, apa saja efek samping yang dimaksud? Berikut ini daftarnya!

1. Pilek

Kena pilek saat olahraga lari via Health.detik.com

Pernah mengalami pilek usai melakukan olahraga lari? Biasanya masalah berikut akan terjadi lantaran saluran pernapasan merasa kering karena kebiasaan menghirup udara dari organ mulut ketika berlari. Jika udara yang masuk saat musim dingin tersebut melewati mulut maka bisa menjadikan saluran napas jadi kering hingga mengkerut. Hasilnya paru-paru akan lebih mudah teriritasi dan muncul fenomena seperti pilek. Guna meringankan kondisi demikian maka kamu dapat sedia obat pilek dan batuk sebelum lari.

2. Kaki melepuh

Akibat pemilihan alas kaki yang tidak sesuai via Hellosehat.com

Jika kamu ingin mengikuti perlombaan lari atau maraton maka sebaiknya pilih alas kaki yang benar-benar sesuai dan pas. Mengapa? Karena alas kaki yang tidak pas bisa memberikan tekanan yang cukup berlebihan di permukaan kulit kamu. Tak tanggung-tanggung, tekanan tersebut dapat terjadi secara berulang kali sehingga memicu kaki melepuh. Umumnya pelari pemula akan mengalami hal yang satu ini sebab mereka tak terbiasa berlari dengan memakai sepatu lari. Jadi, coba terlebih dahulu alas kaki kamu sebelum menggunakannya untuk berlari.

3. Perut mulas

Merasa mulas saat berlari via Gofit.id

Ketika kamu sedang berlari maka akan memicu timbulnya kontraksi otot dalam saluran pencernaan. Sebab berlari akan membuat seseorang melakukan gerakan naik serta turun. Terlebih ada pula pengaruh yang timbul akibat adanya gaya gravitasi sehingga berdampak pada perut yang terasa mulas. Kamu disarankan untuk mengosongkan perut sebelum berlari supaya tak terjadi hal-hal yang kurang diinginkan. Sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung serat semalam sebelum lari dalam perlombaan.

Beberapa kondisi di atas bisa terjadi pada kamu apabila salah melakukan teknik berlari. Selain itu, penggunaan alas kaki juga perlu diperhatikan ya Cakap People. Tak lupa selalu lakukan pemanasan sebelum memulai berlari, apalagi jika jarak jauh.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Bahan Alami Ini Bisa Obati Sakit Perut loh, Apa Saja?

Ramadhan 2019: Inilah 10 Negara di Dunia Dengan Waktu Puasa Terlama