in ,

Ingin Tidur Lebih Nyenyak? Lakukan 3 Gerakan Peregangan Berikut!

CakapCakap – Tidur merupakan salah satu aktivitas yang wajib Cakap People jaga dengan baik. Sebab waktu tidur yang berkualitas bisa menentukan kesehatan kamu, baik fisik maupun mental. Kurang tidur bisa berakibat pada perubahan mood yang ekstrem hingga rasa sakit di seluruh tubuh.

Oleh karena itu, upayakan untuk tidur cukup waktu dan buat aktivitas istirahat ini sangat nyenyak. Kamu bisa membuat tidur lebih nyenyak dengan melakukan beberapa peregangan. Gerakan peregangan berikut dapat kamu lakukan sebelum tidur. Dengan demikian ketegangan otot bisa berkurang. Bahkan kram pun bisa dicegah. Apa saja gerakan peregangan yang dapat dilakukan sebelum tidur? Ini dia daftarnya!

1. Paschimottanasana

Mencegah kram otot saat tidur via Areawanitadewasa.blogspot.com

Ada yang tahu gerakan peregangan ini? Ia diambil dari gerakan olahraga yoga loh! Gerakan berikut akan membantu kamu untuk lebih rileks. Bahkan ia bisa membuat otot di area betis dan paha lebih santai. Bagaimana cara melakukannya? Cukup dengan duduk di kasur maupun lantai sembari meluruskan kaki ke depan serta menempel. Lalu condongkan tubuh dengan perlahan ke arah depan. Buat tangan meraih jari-jari kaki. Tahan gerakan berikut selama kurang lebih 15 detik dan kembali ke posisi awal.

2. Bear hug

Gerakan memeluk diri sendiri via Healthline.com

Gerakan berikut ini seperti memeluk tubuh sendiri. Berbekal gerakan ini maka rasa sakit maupun pegal di area punggung atas serta bahu bisa diringankan. Cara melakukan bear hug cukup mudah, yakni dengan berdiri dalam posisi tegak. Kemudian tarik napas sembari membuka kedua lengan dengan lebar. Buang napas secara perlahan, lalu silangkan tangan dengan gerakan seolah memeluk tubuh sendiri. Selanjutnya tarik napas dalam-dalam ketika kamu memeluk diri serta tarik bahu ke depan. Tahan selama 30 detik dan tarik napas kembali lalu buka lagi lengan lebar seperti awal.

3. Child pose

Menghilangkan otot tegang di area leher via Femina.co.id

Untuk melakukan gerakan berikut maka kamu harus duduk dengan posisi kaki yang terlipat ke arah belakang. Lalu rentangkan tangan sampai lurus ke depan dan condongkan tubuh ke lantai secara perlahan hingga bersentuhan. Selanjutnya tarik napas dalam-dalam kemudian lepaskan dengan perlahan. Tahan gerakan ini selama 5 menit. Pakai bantal di dahi atau bawah paha apabila kau merasa kurang nyaman. Pose ini dapat membuat rasa sakit dan tegang di area leher, bahu serta punggung jadi berkurang.

Tak sulit bukan Cakap People? Kamu dapat mencoba alternatif gerakan peregangan berikut sesaat sebelum pergi tidur. Sehingga agenda tidur bisa jadi lebih nyenyak. Tertarik untuk mencobanya?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Otak yang Jarang Diketahui!

Google Siapkan Rangkaian Aplikasi untuk Ramadhan dan Mudik