in

Ingin Tubuh Tak Mudah Lesu? Begini Cara Tingkatkan Stamina yang Perlu Kamu Tahu!

Trik menjaga tubuh tetap bugar kendati punya banyak aktivitas

CakapCakap – Bukan rahasia lagi jika semua aktivitas yang kita lakukan setiap hari pasti cukup menguras tenaga. Apalagi jika Cakap People memiliki rutinitas yang terbilang padat. Maka tentu saja stamina akan makin terkikis habis. Jika sudah demikian, maka tubuh pasti akan merasa sangat lelah dan seolah mudah goyah kendati hanya tertiup angin.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk meningkatkan stamina supaya tidak gampang lesu. Apa itu stamina? Merupakan suatu kemampuan tubuh guna melakukan aktivitas mental maupun fisik pada kurun waktu tertentu. Apabila seseorang memiliki stamina tinggi maka ia akan tahan pada cedera, stres hingga rasa lelah akut. Begini caranya jika kamu ingin meningkatkan stamina tubuh!

1. Kurangi jeda istirahat saat olahraga

Lakukan olahraga secara maksimal via Hellosehat.com

Mayoritas orang akan berolahraga seadanya. Padahal jika kamu ingin membangun stamina serta ketahanan otot, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya dengan membatasi jeda istirahat ketika olahraga selama 30 hingga 90 detik. Kamu dianjurkan untuk meningkatkan intensitas olahraga serta pemanasan agar tubuh makin terbiasa guna memakai energi. Kamu bisa memilih aneka olahraga apa saja, mulai dari berenang, push up, berlari atau bahkan bersepeda. Sebab kuncinya ada pada cara kamu melakukannya supaya selalu maksimal. Lakukan olahraga rutin selama 3 hingga 5 kali dalam satu minggu.

2. Konsumsi kafein

Batasi asupan kafein via Hellosehat.com

Kafein adalah salah satu asupan yang banyak digemari oleh orang. Sebab dengan konsumsi minuman yang mengandung kafein memang dipercaya bisa membuat stamina meningkat. Ia pun bisa berpengaruh pada performa fisik, sistem hormon, peredaran darah, pembakaran lemak, suhu tubuh sampai aktivitas otot. Kendati demikian, kamu harus tetap membatasi konsumsi kafein. Batas aman untuk mengonsumsi kafein ialah 400 miligram tiap hari atau sama dengan 4 cangkir kopi. Sebaiknya hindari sumber kafein yang kaya akan kandungan gula seperti, kopi dengan krim, soda hingga jenis minuman berenergi.

3. Olahraga

Olahraga secara teratur via Lifestyle.okezone.com

Siapa yang malas melakukan olahraga? Terkadang ketika tubuh sudah sangat lelah maka olahraga pun malas dilakukan. Padahal jika kamu rutin berolahraga maka bisa menyumbang efek jangka panjang bagi pertambahan stamina. Selain itu, rutin berolahraga juga bisa membuat kualitas tidur lebih meningkat, begitu pula dengan level energi hingga fungsi otak. Kamu bisa melakukan aneka olahraga seperti jogging, bersepeda, HIIT, olahraga angkat beban hingga lompat tali.

Nah, itu dia beberapa cara yang dapat Cakap People lakukan supaya stamina dan energi selalu tersedia dalam tubuh. Alhasil kamu pun bisa lebih semangat dan tak mudah lesu ketika menjalani aktivitas yang lumayan padat.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Mampir ke Medan? Jangan Lupa Belanja Oleh-oleh Khas Berikut Ini!

Aksi Protes di Hong Kong Picu Pengguna Baru Aplikasi Telegram Melonjak Tinggi