in ,

Ternyata Ini loh Olahraga yang Sesuai dengan Usia, Apa Saja?

CakapCakap – Bukan rahasia lagi jika olahraga merupakan salah satu media yang bisa digunakan untuk menjaga tubuh supaya lebih bugar. Sejatinya tersedia aneka olahraga fisik yang bisa Cakap People lakukan. Hanya saja jangan memilih jenis olahraga yang salah ya! Sebab kamu harus melakukan olahraga yang sesuai dengan usia.

Misalnya saja pada lansia, tentu energi mereka sudah tak sebanyak dulu bukan? Sehingga jenis olahraga yang dipilih juga tak bisa sembarangan. Sebab keadaan tubuhnya tak lagi utuh seperti dahulu. Nah, ini dia aneka olahraga fisik yang sesuai dengan usia!

1. Usia 20 tahun

Olahraga aerobik bagi pemula via Dbs.com

Apa yang perlu diperhatikan dalam memilih olahraga untuk pemilik usia 20 tahun? Perlu kamu pahami jika di kelompok usia berikut sangat penting guna membangun massa otot serta kepadatan tulang demi tahap kesehatan di masa mendatang. Mungkin orang-orang di kelompok usia ini akan cenderung malas olahraga. Padahal kamu membutuhkan alternatif olahraga yang bisa digunakan untuk mengendalikan berat badan serta stres. Ragam olahraga yang dapat dilakukan ialah lari cepat, bersepeda, aerobik, push up, jumping jack, latihan kekuatan hingga squat.

2. Olahraga untuk anak & remaja

Sepak bola bisa dijadikan alternatif olahraga untuk anak via Hellosehat.com

Ketika memasuki masa anak-anak, maka olahraga tetap dianjurkan guna dilakukan. Hanya saja kamu perlu memerhatikan jenis olahraga yang dilakukan untuk anak. Pilihlah aktivitas fisik yang bisa berperan untuk mengontrol berat badan anak serta memperkuat bagian tulangnya. Misalnya saja seperti olahraga renang, bersepeda, hingga sepak bola dan lari. Sementara untuk remaja pilih olahraga yang terdapat peraturan, misalnya saja basket, aerobik, bulu tangkis, yoga, tenis, senam lantai hingga jogging.

3. Kelompok usia 30-40 tahun

Pilihan olahraga untuk kelompok umur 30 tahun ke atas via Pilatesbyval.com

Memasuki usia berikut maka kamu akan jadi kurang aktif. Bahkan kamu mungkin akan lebih banyak menghabiskan waktu di meja kerja maupun di kendaraan. Namun kamu juga perlu menyadari jika kurang beraktivitas fisik bisa menyebabkan buruknya postur tubuh, membuat berat badan melonjak hingga timbulnya rasa nyeri dan pegal di leher, punggung serta pinggang. Maka dari itu, kamu memerlukan olahraga untuk mencegah potensi tersebut. Olahraganya seperti yoga hingga pilates.

Itu dia deretan olahraga yang bisa Cakap People lakukan sesuai dengan kelompok usia. Apabila usia kamu telah memasuki usia senja, yakni sekitar 50 tahun ke atas maka sebaiknya pilih aktivitas fisik yang tidak terlalu berat dan cenderung santai. Misalnya saja senam tai chi hingga jalan cepat. Selain itu aktivitas berkebun dan jalan santai juga bisa kamu lakukan.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Fakta Menarik Seputar Film Aladdin, Sebelum Nonton Wajib Tahu!

Menjaga Keagungan Al Quran “Raksasa” di Masjid Raya Makassar