in

Harapan dan Masa Depan Pendidikan Indonesia dari RuBI Konawe

CakapCakap – Konawe adalah sebuah daerah di Sulawesi Tenggara yang lumayan jauh dari jamahan pemerintah. Walaupun Konawe merupakan sebuah kabupaten yang sudah mandiri, tapi problematika pendidikan di daerah tersebut masih sangat susah dientaskan. Kondisi ini yang ditangkap oleh Indonesia Mengajar, sebagai salah satu sasaran program Pengajar Muda. Pengajar Muda yang sudah diseleksi dan dipersiapkan sedemikian rupa, dikirimkan ke Konawe untuk mengabdi selama 1 tahun penuh sebagai tenaga pengajar. Mereka selain memberikan pelajaran di kelas, juga diharap mampu menjadi contoh yang baik sebagai seorang profesional. Mereka juga diharapkan mampu memantik sebuah peradaban masyarakat yang selangkah lebih maju dibandingkan sebelumnya.

Selain itu, Ruang Berbagi Ilmu sebagai salah satu program dibawah Indonesia Mengajar juga didatangkan ke Kabupaten Konawe tahun 2018 lalu. Program ini menyasar pelatihan dan pengembangan ketrampilan tenaga pendidik di Konawe, dan difasilitasi oleh para mentor dari berbagai latar belakang. Dalam pelaksanaan RuBI Konawe, para relawan narasumber yang kebanyakan datang dari Jakarta menyadari arti nasionalisme yang tinggi dari anak-anak sekolah disana. Dalam upacara bendera yang dilaksanakan, terpancar semangat dan rasa cinta tanah air yang jauh lebih besar daripada para relawan narasumber yang tinggal di ibukota.

Pelaksanaan Ruang Berbagi Ilmu Konawe
http://Dokumentasi%20Panitia

Para relawan narasumber menemukan banyak fakta mengejutkan sekaligus mengharukan dari dunia pendidikan di Konawe. Salah satu yang mencengangkan adalah cerita Naning Setiana, seorang guru yang sudah mengabdi sejak tahun 1983. Naning sejak tahun pertama mengabdi sebagai guru, tidak mendapatkan gaji sepeserpun. Hingga tahun 1991, Naning akhirnya diangkat sebagai PNS, menggantikan statusnya sebelumnya sebagai guru honorer yang faktanya tidak mendapatkan honor. Walaupun demikian, Naning tetap semangat mengabdi karena semangat anak didiknya juga tidak pernah menurun. Hingga sekarang, di sekolah tempat dia mengajar, Naning adalah satu-satunya guru yang sudah menyandang status resmi sebagai PNS.

Semangat anak didik di Konawe juga mungkin jauh lebih besar dibandingkan anak-anak sekolah di kota besar. Dalam keheningan ruang kelas, anak-anak ternyata setiap harinya hanya mencatat materi pelajaran dari buku paket yang tersedia sangat terbatas di sekolah. Walaupun tidak ada guru yang mengawasi, mereka tetap mencatat materi dengan tekun sesuai jadwal pelajaran yang sedang berjalan. Bagaimana dengan kita?

Pelaksanaan Ruang Berbagi Ilmu Konawe
http://Dokumentasi%20Panitia

Keprihatinan ini juga didukung dengan fakta tentang keterampilan mengajar yang kurang dimiliki oleh pengajar di Konawe, dan banyak daerah di Indonesia. Menurut salah satu relawan narasumber yang ikut dalam kegiatan tersebut, Cakra Wiyata, para guru mungkin mendapatkan pelatihan dan pengetahuan teoritis yang cukup dari pemerintah melalui dinas pendidikan. Semua materi yang dimiliki bisa dibagikan kepada murid dengan sangat mudah. Tapi bagaimana dengan ketrampilan mengajar yang baik? Mungkin para pendidik masih banyak yang belum mengetahui cara mengajar dengan kasih sayang dan penuh motivasi. 

Pelaksanaan RuBI Konawe membuka semangat dan pengetahuan baru bagi pengajar di Konawe. Sekolah dan pelajaran tidak melulu hanya sebatas yang sekarang sudah berjalan. Diperlukan adanya kesadaran untuk berkembang. Salah satu yang penting saat ini adalah jejaring dengan sekolah atau lembaga pendidikan lain. Dengan adanya jejaring, pertukaran ide dan inovasi yang berkaitan dengan cara mengajar dan mengelola murid akan semakin banyak. Menurut pemaparan Fitriana Dianasari, salah satu narasumber yang ikut ke Konawe, salah saru tujuan utama dari kegiatan Ruang Berbagi Ilmu Konawe ini adalah agar semua penggerak pendidikan di Konawe dapat semakin berinisiatif untuk berjejaring.

Pelaksanaan Ruang Berbagi Ilmu Konawe
http://Dokumentasi%20Panitia

Begitu juga dengan para profesional yang tinggal di Jakarta, Ruang Berbagi Ilmu (RuBI) Indonesia Mengajar, pada bulan Juni 2019 besok akan mengadakan Jelajah RuBI. Dalam kegiatan ini, akan dipamerkan banyak informasi kegiatan Ruang Berbagi Ilmu yang sudah berlangsung selama beberapa tahun terakhir. Kegiatan ini juga mengajak semua orang yang ingin bergerak di dunia pendidikan, untuk bergabung. Semua orang yang terdidik tidak akan membatasi dirinya untuk mendidik, walaupun dia bukan guru sekalipun. Pantau linimasa Ruang Berbagi Ilmu di semua media sosial ya!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Hotel di Swiss Ini Sindir Tamu yang Suka Buang Makanan dengan Pajang Foto Balita Kelaparan

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Otak yang Jarang Diketahui!