in ,

Vitamin V+, Pentingnya Nilai Kerelawanan untuk Profesional Muda

CakapCakap – Anak muda di Indonesia adalah anak muda yang aktif, kreatif, dan inovatif. Buktinya? Cakap People bisa melihat ribuan hingga jutaan ide dan gagasan anak muda yang bisa bersaing di tingkat global. Selain itu, anak muda di kancah professional juga mampu menorehkan banyak prestasi dan jejak positif di bidangnya masing-masing. Nilai kerelawanan di professional kerja pastinya akan memberikan dampak positif bagi dunia kerja mereka. Ruang Berbagi Ilmu sebagai salah satu komunitas kerelawanan pendidikan di Indonesia baru-baru ini mengadakan sebuah seminar santai yang diselenggarakan untuk menyasar para professional di kawasan Jakarta. Bagaimana ceritanya?

Suasana Workshop
http://Arsip%20Panitia

Bekerjasama dengan Britzone yang merupakan sebuah Komunitas Bahasa Inggris di Jakarta, Ruang Berbagi Ilmu mengajak anak-anak muda untuk menjadi pribadi profesinonal yang punya jiwa kerelawanan. Dalam agenda yang dilaksanakan di Ruang Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemdikbud) pada 30 April 2019 ini, dihadirkan seorang profesional bernama Kenny Dewi Juwita. Kenny adalah sosok profesional muda yang berkomitmen untuk memiliki semangat kerelawanan, walaupun ada di tengah kesibukan kerjanya. Kenny adalah seorang Konsultan untuk People Development dan juga Training Program Inovator. Kenny juga aktif memberikan penyuluhan atau workshop yang ditujukan untuk anak muda.

Dalam workshop bertema Vitamin V+ for Your Professionalism ini, hadir lebih dari 80 peserta yang berasal dari kalangan profesional muda, mahasiswa, dan juga masyarakat umum. Kenny membahas tentang konsep kerelawanan, yang menarik disimak para peserta hingga akhir. Beliau menceritakan bahwa selama ini dia bekerja keras, dan terpaksa mengesampingkan waktu bersama dengan anak, keluarga, dan lingkungannya. Tetapi setelah menyadari dan berupaya berbuat lebih untuk sesama, Kenny merasa ada sesuatu yang terpenuhi dari dalam dirinya. 

Kerelawanan dapat diartikan sebagai sebuah aksi untuk berbagi. Tapi sayangnya banyak orang yang menganggap kerelawanan hanyalah melulu tentang menyumbangkan materi. Konsep ini salah loh Cakap People! Menjadi relawan artinya adalah berbagi, dengan berbagai macam cara dan bentuk. Tidak hanya berkutat dalam hal materi, tapi berbagi bisa dalam hal waktu hingga perhatian.

Peserta Workshop Vitamin V+ for Your Professionalism
http://Arsip%20Panitia

Di akhir sesinya, Kenny mengajak para peserta untuk bermain game. Game ini secara garis besar mengingatkan seluruh peserta bahwa selama ini manusia hidup dengan rutinitas yang padat, mulai dari bekerja, makan, belanja, dan lainnya. Tapi setelah dihitung-hitung, ternyata waktu yang kita punya untuk berbagi kepada sesama hampir tidak ada. Padahal, dalam hidup manusia, berbagi tidak hanya bermanfaat untuk sesama yang kita temui, tetapi jauh lebih bermanfaat akan diri sendiri. Mengapa? Karena kita akan dilatih untuk menyadari peran dan kewajiban sebagai manusia dan makhluk sosial.

Ruang Berbagi Ilmu pada pertengahan tahun ini akan mengadakan Jelajah Ruang Berbagi Ilmu. Dalam kegiatan ini, para profesional di sekitar Jakarta akan diajak untuk menemukan cara yang tepat untuk mereka yang ingin berbagi dan terlibat dalam bidang kerelawanan. Dipastikan, para profesional kerja punya rasa jenuh terhadap pekerjaan yang setiap hari mereka lakukan. Dan bagaimana cara untuk permasalahan tersebut? Pastinya adalah menjadi peka terhadap sesama. Informasi selanjutnya, dapat dipantau dari linimasa Ruang Berbagi Ilmu!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Rusak Parah, Pantai Maya Bay di Thailand yang Populer Berkat Film Leonardo DiCaprio, Ditutup Sampai 2021

Dehidrasi? Ini Tandanya yang Perlu Kamu Perhatikan!