in ,

Ruang Berbagi Ilmu di Jombang Buka Kesadaran Tentang Abad ke-21

CakapCakap – Indonesia punya ruang yang sangat luas, dengan berbagai dinamika yang berbeda antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. Dinamika yang kerap kali diangkat ke permukaan adalah kesejahteraan masyarakatnya, perekonomian, hingga tingkatan pendidikan. Pendidikan adalah masalah dasar yang mungkin banyak ditemukan adanya kesenjangan dan perbedaan yang mencolok. Misalnya dengan masalah teknologi dan sumber daya pengajar, membuat kualitas pendidikan di wilayah pinggiran Indonesia sangat lambat berkembang. Fakta ini yang membuat Ruang Berbagi Ilmu (RuBI) Indonesia Mengajar berinisiatif untuk bergerak secara mandiri. 

Pelaksanaan Ruang Berbagi Ilmu di Jombang
http://Dokumentasi%20Panitia

Pada bulan Oktober 2018 kemarin, Ruang Berbagai Ilmu dilaksanakan secara mandiri di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Cakap People jangan salah, walaupun wilayah ini masih berada di Pulau Jawa, tapi tidak menjamin pemerataan pendidikan sudah sepenuhnya terlaksana di kawasan ini. Dalam kegiatan ini, panitia lokal dan relawan narasumber mengumpulkan para penggerak pendidikan se-Kabupaten Jombang untuk mengikuti pelatihan atau seminar pendidikan. Penggerak pendidikan yang bergabung adalah para guru SMP dan Kepala Sekolah se-Kabupaten Jombang. 

Dalam sesi pertama, Ramdani selaku relawan narasumber memberikan wawasan baru bagi para Guru dan Kepala Sekolah tentang fakta yang ada di abad ke-21. Guru ataupun tenaga pengajar harus memiliki wawasan tentang pentingnya pemanfaatan teknologi di kelas. Guru juga harus menjadi sosok yang cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Dengan demikian, maka anak didik juga bisa berkembang di dunia pendidikan yang sesuai dengan zamannya.

Pelaksanaan Ruang Berbagi Ilmu Jombang
http://Dokumentasi%20Panitia

Selain itu, dalam Ruang Berbagi Ilmu Jombang, seorang relawan narasumber bernama Margharet Brigita menyampaikan rasa salut dan bangganya kepada banyak guru dan tenaga pengajar di Jombang, yang walaupun sudah bekerja diatas 35 tahun sebagai guru, tapi masih punya semangat yang membara untuk mengajar. Setelah mengikuti semua materi di dalam ruangan, para peserta juga diajak untuk mengikuti aktivitas diluar kelas. Salah satu peserta bernama Drs. Moh Kholil menyebutkan bahwa ada banyak yang perlu diperbaiki di dunia pendidikan Kabupaten Jombang. Semua guru yang hadir dan ikut berlatih dalam kegiatan tersebut bertekad untuk mengaplikasikan pengetahuan dan ketrampilan barunya di sekolah masing-masing.

Ruang Berbagi Ilmu memberikan ruang juga kepada semua profesional yang ingin bergerak di dunia pendidikan, tanpa harus menjadi guru formal. Kita patut menyadari, bahwa pendidikan di dunia adalah tanggung jawab orang yang terdidik, tidak hanya guru dan pengajar saja. Pantau linimasa Ruang Berbagi Ilmu di website https://ruangberbagiilmu.com karena akan ada ajakan menarik buat para profesional yang ingin terlibat langsung dalam proyek panjang pengentasan problematika pendidikan di Indonesia. Tunggu info selanjutnya ya!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

KPU: Pasangan Jokowi-Ma’ruf Unggul dengan 55,50%

6 Daftar Turis Terburuk Dunia, Indonesia Masuk Gak?