in ,

CakapCakap Mengajak Kaum Milenial Bergabung dalam Jelajah RuBI

CakapCakap – CakapCakapIdn menjadi salah satu media partner dalam sebuah kegiatan sosial pendidikan yang diselenggarakan di Jakarta pada bulan Juni 2019 mendatang. Kegiatan bertajuk Jelajah Ruang Berbagi Ilmu (RuBI) ini diselenggarakan oleh komunitas Ruang Berbagi Ilmu, dibawah naungan Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar. RuBI sendiri adalah sebuah gerakan kerelawanan yang mengajak kontribusi semua orang dalam memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Aksi yang dilakukan adalah melalui pelatihan dan pendampingan kepada para guru, kepala sekolah, maupun para tenaga pendidik lainnya.

Kegiatan Kerelawanan dibawah Indonesia Mengajar
https://cdn0-production-images-kly.akamaized.net/Y6GSJKMtXac6bX-IDTK_s7ZKbvU=/640×360/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/2399059/original/025370100_1541168090-1.jpg

Semenjak diinisiasi oleh Indonsia Mengajar pada 2014, kini RuBI sudah berhasil dilaksanakan di 57 kota/kabupaten yang tersebar di seluruh Indonesia, melibatkan lebih dari 845 relawan yang terdiri dari 666 relawan narasumber, dan 179 relawan dokumentasi. Bahkan RuBI menangkap statistic yang mencengangkan, yakni 65% relawan yang terlibat adalah orang yang kesehariannya berada di dunia professional non pendidikan.

Kegiatan Jelajah Ruang Berbagi Ilmu (RuBI) tahun ini akan dilaksanakan pada 22 dan 23 Juni 2019 di GOR Bulungan, Jakarta Selatan. Dalam kegiatan tersebut, ditargetkan ada 1000 pengunjung yang terdiri dari para professional yang tertarik di bidang kerelawanan, para komunitas pendidikan di sekitaran Jakarta, hingga juga akan melibatkan para penggerak pendidikan daerah yang jumlahnya hingga 6500 orang.

Salah satu kegiatan Ruang Berbagi Ilmu di Daerah
https://pbs.twimg.com/media/D1qlHucU4AAi76T.jpg

Jelajah RuBI secara spesifik akan digelar dengan santai, mulai dari Kelas Kreatif, Pameran, hingga Talk Show. Dalam kegiatan ini, akan dikemas menjadi 4 jenis kelas yang berbeda, yakni Ruang Sawala, Ruang Kakawalan, Ruang Mangguru, hingga Ruang Nuu Waar. Di Ruang Sawala, pengunjung akan mendapatkan workshop tentang metode belajar dari para professional pendidikan, yang bisa sangat mudah dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, Ruang Kakawalan akan mengajak pengunjung menjelajahi lorong interaktif yang menggambarkan kondisi pendidikan daerah di Indonesia. Di ruang ini, pengunjung akan mendapatkan wawasan dengan trivia pendidikan yang informatif.

Ruang Mangguru adalah ruang yang memungkinkan para pengunjung menjadi narasumber virtual. Pengunjung yang tertarik untuk mengajar akan direkam, dan materi rekamannya akan dikirimkan ke daerah sebagai media pembelajaran. Selain itu Cakap People, ruang terakhir yakni Ruang Nuu Waar adalah ruangan yang memungkinkan pengunjung untuk menyaksikan pameran foto dan video, hasil dokumentasi kegiatan RuBI selama ini.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Tiga Pebalap Asli Indonesia akan Taklukan Sirkuit MotoGP Italia

Ani Yudhoyono Meninggal Dunia di Singapura