in ,

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Otak yang Jarang Diketahui!

CakapCakap – Bukan rahasia lagi jika dengan berpuasa maka kita akan mendapatkan manfaat yang positif bagi tubuh. Selain sistem pencernaan jadi lancar, ternyata puasa Ramadhan juga berdampak baik pada kesehatan otak Cakap People loh! Tentunya kamu paham betul jika otak mempunyai tugas yang sangat penting bagi tubuh. Oleh karena itu, menjaga kesehatan otak merupakan salah satu hal yang patut kamu lakukan.

Makanan utama bagi otak ialah glukosa. Ketika kamu bernuasa maka kadar glukosa akan jadi cukup terbatas. Sehingga di dalam kondisi tersebut maka tubuh akan mengalihkan sumber bahan bakar yang semula glukosa jadi lemak atau lipid. Mulanya tubuh akan memakai glikogen, yakni gula yang tersimpan dalam hati serta otot sebagai sumber energi. Namun saat gula telah terbakar habis, maka selanjutnya tubuh akan menggunakan lemak lalu mengubahnya jadi keton. Jadi, ini manfaat puasa bagi kesehatan otak!

1. Berpotensi untuk cegah penyakit otak

Membantu menurunkan risiko penyakit demensia via Halodoc.com

Sudah tahu apa saja penyakit yang dapat mengintai kamu seiring dengan bertambahnya usia? Salah satu penyakit otak tersebut ialah demensia. Sebenarnya demensia dapat diminalisir dengan melakukan daya hidup yang sehat. Salah satunya dengan menjaga berat badan. Tentu kamu menyadari jika puasa merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Kendati demikian perlu pengujian yang lebih lanjut lagi terkait hal tersebut.

2. Mencegah datangnya stres

Menghalau stres berlebih via Grid.id

Stres bukanlah suatu kondisi yang baik bagi kesehatan fisik maupun otak. Terkadang stres memang bisa melanda siapa saja. Namun stres berlebih juga tidak baik loh bagi tubuh. Rasa cemas serta stres berlebih akan membuat otak kamu bekerja sangat aktif. Misalnya saja memikirkan masalah yang ada hingga kemungkinan terburuk yang akan terjadi. Otak pun akhirnya bisa sangat sibuk dan mampu mengganggu aktivitas harian kamu, termasuk pula kegiatan tidur. Cemas serta stres berlebih akan menjadikan kesehatan otak rusak dalam jangka panjang.

Namun berbekal sebuah studi menjelaskan jika puasa bisa menjadikan stres menurun. Sebab selama melakukan puasa maka tubuh akan lebih maksimal dalam memperbaiki adanya kerusakan sel-sel akibat stres oksidatif. Apa itu stres oksidatif? Termasuk keadaan di mana tubuh punya level radikal bebas yang jauh lebih berlimpah dibanding antioksidan atau zat yang dapat mencegah tubuh dari kerusakan sel karena radikal bebas.

3. Membuat fungsi otak meningkat

Menjaga fungsi otak via Wowkeren.com

Bukan rahasia lagi jika selama berpuasa maka akan ada rutinitas tubuh yang berubah. Salah satunya sumber energi untuk otak pun juga akan berubah. Apabila kamu memadukan puasa bersama olahraga maka bisa memberikan manfaat yang baik bagi otak. Sebab dua aktivitas tersebut bisa menjadikan jumlah neuron serta mitokondria meningkat. Mitokondria merupakan bagian dari sel yang jadi tempat respirasi guna memproduksi energi. Selain itu, jumlah protein yang dikenal dengan Brain Derived Neurotrophin Factor juga bisa mengalami peningkatan. Alhasil fungsi otak seperti daya ingat, perilaku, pembelajaran, motorik, sensor dan motivasi juga ikut meningkat.

Beberapa manfaat di atas bisa Cakap People dapatkan dengan rutin puasa dan melakukan gaya hidup yang sehat. Kendati berpuasa, namun kamu juga disarankan untuk selalu bergerak aktif melakukan olahraga. Hanya saja pilih alternatif olahraga yang ringan. Menjaga kesehatan otak perlu dilakukan supaya otak berfungsi sebagaimana mestinya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Harapan dan Masa Depan Pendidikan Indonesia dari RuBI Konawe

Ingin Tidur Lebih Nyenyak? Lakukan 3 Gerakan Peregangan Berikut!