in

Dukung Ekosistem Startup Indonesia, Amazon Bangun 3 Data Center di Jakarta

CakapCakap – Bisnis perusahaan rintisan (startup) berbasis teknologi terus berkembang pesat di Indonesia. Cakap People pun tentu juga sudah mengenal beberapa startup besar Tanah Air. Nah, untuk mendukung ekosistem startup di Tanah Air, anak perusahaan dari e-commerce terbesar dunia Amazon telah membangun data center di tiga lokasi yang terpisah di Jakarta. Ketiga infrastruktur tersebut merupakan fasilitas milik sendiri dan dikelola langsung oleh Amazon Web Services (AWS).

Amazon membangun 3 data center sebagai AWS Jakarta Region, yang merupakan fasilitas milik sendiri dan dikelola langsung oleh Amazon Web Services (AWS). Via youngster.id

Pertumbuhan pengguna yang pesat di Indonesia telah mendorong AWS untuk mendirikan wilayah pelayanan yang disebut AWS Jakarta Region, terdiri dari tiga infrastruktur fisik data center yang disebut sebagai Availability Zone, seperti dilaporkan oleh laman Tempo.co. Setiap Availability Zone adalah kompleks pangkalan data yang memiliki pasokan listrik independen, saling terkoneksi satu sama lain secara berlapis (redundant) dengan latensi rendah. Tiga Availability Zone di Jakarta terpisah satu sama lain secara geografis untuk mencegah peristiwa yang berpotensi membuatnya tidak berfungsi sekaligus.

Managing Director AWS Asia Pacific, Ed Lenta, mengatakan pendirian infrastruktur fisik di Indonesia sekaligus jadi bagian dari rangkaian investasi AWS di Indonesia. Sebelumnya, AWS telah mendirikan kantor di Jakarta yang berfungsi sebagai penyedia jasa konsultasi layanan komputasi awan (cloud computing) bagi pelanggan Indonesia. “Kami membangun infrastruktur ini berdasarkan permintaan pelanggan. Ini memberikan mereka latensi yang lebih rendah, konektivitas dan lebih banyak produk yang tersedia secara lokal, dan membuat data milik mereka makin dekat,” ucap Lenta menjelaskan.

Sebelumny, AWS telah mendirikan kantor di Jakarta sebagai penyedia jasa konsultasi layanan cloud computing. Via mldspot.com

Jakarta sendiri menjadi wilayah layanan AWS yang kesembilan di Asia Pasifik, seperti dimuat dalam laman CNBCIndonesia.com. Pihak AWS menargetkan infrastruktur fisik di Jakarta mulai beroperasi paling cepat pada akhir tahun 2021 atau paling lambat pada awal tahun 2022. Sebelum Jakarta, AWS telah memiliki delapan region lainnya di kawasan Asia Pasifik, mulai dari Beijing, Mumbai, Ningxia, Seoul, Singapura, Sydney, Tokyo, serta Hong Kong yang juga akan dibuka dalam waktu dekat ini.

“Membuka AWS Region di Indonesia akan mendukung ekosistem startup yang kini tumbuh pesat, perusahaan-perusahaan besar dan badan-badan pemerintah dengan membantu menciptakan lebih banyak pekerjaan dan perusahaan teknologi, mendorong ekonomi nasional,” ungkap Vice President of Global Infrastructure and Customer Support AWS Peter DeSantis pula menambahkan komentar. Keren ya, Cakap People!

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Camila Cabello “Havana” Akan Bintangi Film Remake “Cinderella”

Kecewa Hasil SBMTPN, Gadis Asal Pinrang Ini Malah Lolos Seleksi Kedokteran di Cina