in ,

Di Bandung, Denda Rp500 Ribu Jika Tak Siapkan Tempat Sampah di Mobil

CakapCakapCakap People! Kesadaran membuang sampah pada tempatnya memang harus terus dibangun ya agar tercipta kebersihan di mana saja kita berada. Baik itu di rumah atau pun di public space lainnya. Termasuk di dalam kendaraan mobil kita. Kadang dari kita masih ada saja yang hobi membuang sampah lewat jendela mobil saat berkendara di jalan raya.

Ilustrasi : tempat sampah di dalam mobil. (Source)

Di Bandung, kamu tak bisa membuang sampah sembarangan. Kamu harus meletakkan tempat sampah di dalam kendaraan mobilmu. Jika tak ada tempat sampah di mobil. siap-siap kamu akan dikenakan denda Rp500 ribu.

Dikutip dari website Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota Bandung, Selasa 19 Maret 2019, aturan ini tertuang dalam Peraturan Daerah Kota Bandung No. 9 Nomor 9 Tahun 208 tentang Pengelolaan Sampah. Aturan itu ditetapkan di Bandung ada 16 Oktober 2018 oleh Wali Kota Bandung, Oded Mohamad Danial dan diundangkan pada 16 Oktober 2018. 

Dalam pasal 51 ayat 1 b, disebutkan bahwa denda akan dilayangkan bagi pemilik kendaraan pribadi, angkot, ataupun angkutan barang yang tidak melengkapi tempat sampah. Denda yang akan dijatuhkan sebesar Rp500 ribu.

Ilustrasi tong sampah. (Pixabay)

Sanksi juga dijatuhkan bagi siapa pun yang membuang sampah ke luar kendaraan.

“Tidak melengkapi tempat sampah pada kendaraan angkutan penumpang dan barang, membuang sampah ke luar kendaraan, sebesar Rp500.000 (lima ratus ribu rupiah),” tulis pasal 51 ayat 1 b.

Tidak hanya menyediakan tempat sampah dan larangan buang sampah sembarangan, pasal 51 juga mengatur hal-hal yang lain.

Misalnya, orang akan didenda sebesar Rp250 ribu jika tak menyediakan tempat sampah di dalam pekarangan bagian depan, buang sampah yang baunya busuk didenda Rp250 ribu, serta mengotori, merusak, membakar, atau menghilangkan tempat sampah yang disediakan sebesar Rp1 juta.

Nah, Cakap People! Bagaimana menurut kamu? Apakah aturan sampah ini perlu diterapkan juga di kota-kota lain? Yuk, kita mulai dari diri sendiri dulu untuk membiasakan membuang sampah pada tempatnya. Tertib membuang sampah di tempat, bukan hanya karena ada aturan, tapi sebaiknya dari kesadaran masing-masing menjaga kebersihan. Setuju?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Manfaat Konsumsi Bekicot yang Jarang Diketahui Orang!

Sebaiknya Jangan Berikan 3 Kado Ini Pada Pacar, Mitosnya Bisa Bikin Putus!