in ,

Lakukan Hal Ini Saat Cek Busi Mobil Kesayangan Kamu!

CakapCakapCakap People! Pada kendaraan, busi (spark plug) sangat penting sekali fungsi dan keberadaanya. Kalau tidak ada busi, maka kendaraan tidak akan bisa melakukan pembakaran awal.

Rutin melakukan inspeksi busi akan membantu kendaraan kamu tetap prima dan kamu pun akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Shutterstock

Dikutip dari laman Nissan Indonesia, Senin 18 Maret 2019, kamu harus memastikan busi mobil masih menyala dan bisa digunakan. Kondisi busi yang layak pakai adalah masih memercikkan listrik dan tak gosong.

Ciri-ciri adanya masalah pada busi mobil dan penanganannya

Untuk mengetahui busi mobil itu rusak atau tidak, kamu harus mengenali ciri-ciri khusus yang menandakannya. Ini dia tanda-tanda atau ciri busi yang sudah tak layak atau rusak: 

1. Berwarna usang atau coklat.

Ini merupakan pertanda bahwa busi mobil mendekati masa pensiunnya, sehingga kamu harus segera menggantinya.

2. Busi berwarna kemerahan-merahan atau kekuning-kuningan.

Ini berarti ada hawa panas yang melanda mesin secara berlebihan. Biasanya, masalah ini timbul karena pendingin mesin bermasalah juga.

Shutterstock

3. Terjadi kerak atau gosong pada busi.

Ciri yang satu ini mengindikasikan adanya kesalahan yang terjadi pada bagian pengaturan bahan bakar. Cek peranti kelistrikan dan aliran bensin.

4. Busi meleleh.

Kondisi ini menggambarkan kondisi elektroda yang meleleh atau gosong sebagai akibat dari kebocoran mesin atau masalah kompresi yang mana sebagian oli turut terbakar pula pada mesin.

5. Kerak di kepala busi.

Indikasi ini menunjukkan pengaturan bahan bakar buruk yang berakibat pada kebocoran pada bagian sill klep. Alhasil, busi pun kemasukan oli tersebut.

6. Kondisi basah.

Busi yang basah berasal dari sisa-sisa pelumas yang menempel pada kepala busi dan elektroda. Periksalah ritme atau timing pengapian. Selain itu perbaiki juga bahan bakar (jika biasa pakai premium, belinya di pom bensin atau bisa menggantinya dengan pertamax).

Shutterstock

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan jarak pada busi dan pemantiknya supaya tidak terlalu dekat, dan tidak terlalu jauh. 

Jika busi sudah berusia cukup tua, maka harus dipastikan bahwa oli dan kotoran tidak mengendap di bagian kepala busi untuk mencegah karat dan terhalangnya listrik saat akan menyalakan mobil. 

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Sering Menangis Saat Mengiris Bawang? Berikut 10 Cara Aman Mengatasinya

Ngeri, AirPods dan Headphone Nirkabel Picu Kanker Loh!