in

Manfaat Konsumsi Bekicot yang Jarang Diketahui Orang!

CakapCakap – Bekicot merupakan salah satu hewan yang masuk dalam keluarga moluska atau memiliki tubuh yang lunak. Biasanya hewan ini bisa Cakap People temui di tanaman, pepohonan hingga di tempat yang lembab. Hewan berikut memang bisa dijadikan sebagai salah satu santapan yang menarik untuk dicicipi.

Bahkan di negara Perancis sendiri bekicot atau yang dijuluki dengan nama escargot ini banyak diolah jadi kreasi menu makanan yang memikat. Tak hanya dikonsumsi, bekicot juga dimanfaatkan pula guna merawat kulit loh! Berikut manfaat konsumsi bekicot bagi kesehatan yang jarang diperhatikan!

1. Dapat memperbaiki mood

Suasana hati bisa jadi lebih baik via Rimma.co

Punya mood yang berantakan akhir-akhir ini? Agaknya kamu wajib mencoba daging bekicot. Di dalam escargot memiliki kandungan senyawa kimia yang diberi nama troptofan. Kandungan ini termasuk dalam keluarga asam amino. Sehingga pasca senyawa tersebut masuk dalam tubuh maka akan diubah jadi molekul yang dikenal dengan 5-HTP. Molekul itulah yang berfungsi guna memberikan rangsangan pada otak untuk menghasilkan hormon serotonin serta melatonin. Tentu kamu paham bukan jika kedua hormon itulah yang dapat memengaruhi suasana hati, nafsu makan hingga kualitas tidur yang jauh lebih baik.

2. Kandungan gizi bekicot

Bisa diolah jadi menu lezat via Berwirausaha.net

Perlu kamu ketahui, jika ternyata satu piring escargot punya kandungan gizi yang cukup berlimpah. Buktinya ada di Data Komposisi Pangan Indonesia milik Kementerian Kesehatan RI, di mana per 100 gram daging bekicot memiliki 48,7 gram protein, 441 kalori, 15,8 karbohidrat hingga 20,3 gram lemak. Selain itu ada juga berbagai vitamin yang tak kalah penting. Mulai dari asam amino esensial, vitamin B1, B2, B3, B6, vitamin E, C serta A. Ada juga fosfor, kalium, kalsium, magnesium hingga zat besi. Jadi, masih ragu mengonsumsi daging bekicot?

3. Membantu atasi masalah kurang gizi

Kandungan gizi bekicot via Pixabay.com

Berbekal kandungan gizinya yang luar biasa, beberapa peneliti mengungkapkan jika daging bekicot dapat membantu menyingkirkan masalah kurang zat besi dan gizi pada kelompok wanita dewasa serta anak-anak. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat besi serta protein di dalamnya.

Kendati menyimpan banyak sekali nutrisi, namun kamu juga harus memerhatikan beberapa hal sebelum menyantap bekicot. Sebab tak menutup fakta jika di dalam daging ini juga terdapat parasit yang berdampak kurang baik bagi tubuh. Maka dari itu, kamu perlu memastikan jika daging escargot bersih dan dicuci terlebih dahulu sebelum diolah.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Co-working Space Banyak Dilirik, Mengapa Cocok untuk Startup?

Di Bandung, Denda Rp500 Ribu Jika Tak Siapkan Tempat Sampah di Mobil