in

Bulan Depan, Asteroid Sebesar Burj Khalifa Akan Lewat Dekat Bumi

Asteroid ini diperkirakan akan lewat dekat Bumi pada 14 September 2019.

CakapCakapCakap People! Hal-hal yang terjadi di luar angkasa sering menjadi sebuah fenomena yang menakjubkan dan mengagumkan. Salah satunya adalah terkait asteroid, yang merupakan benda berukuran lebih kecil dari planet ini. Tetapi, asteroid memiliki material yang lebih besar jika dibandingkan dengan meteorid.

Seperti diketahui, terdapat jutaan asteroid yang beredar di tata surya. Sebagian besar asteroid mengorbit pada sabuk asteroid di antara Planet Mars dan Jupiter. Jika keluar dari jalur orbit, asteroid itu bisa berpotensi merusak bagian Planet Bumi, tempat kita tinggal.

Ilustrasi asteroid. (Foto: express.co.uk)

Dilansir dari TEMPO, Jum’at, 23 Agustus 2019, sebuah asteroid hampir setinggi  gedung tertinggi di dunia Burj Khalifa di Abu Dhabi, akan lewat dekat Bumi dalam waktu kurang dari sebulan ini. Menurut NASA, Asteroid 2000 QW7 berdiameter antara 290 sampai 650 meter, sedangkan tinggi Burj Khalifa 828 meter.

Pusat Studi Objek Dekat Bumi (CNEOS NASA), asteroid ini diperkirakan akan lewat dekat Bumi pada 14 September 2019. Namun, asteroid 2000 QW7 tidak akan mampir.

Batuan luar angkasa ini akan melintas dengan kecepatan 23.100 km / jam. Meskipun dianggap sebagai objek dekat Bumi, jarak asteroid ini saat melintas masih cukup jauh.

Asteroid dan benda ruang angkasa lainnya dianggap berada dekat Bumi jika mereka berjarak 1,3 unit astronomi planet kita (unit astronomi adalah jarak dari Bumi ke matahari, atau 149,6 juta kilometer).

Ilustrasi asteroid. (Foto: Pixabay)

Seperti dicatat CNEOS, 2000 QW7 akan melewati 0,03564 unit astronomi Bumi, yang setara dengan sekitar 5,3 juta km. Dengan kata lain, itu 13,87 kali jarak antara Bumi dan bulan.

Sama seperti Bumi, asteroid 2000 QW7 mengorbit matahari. Namun, itu hanya secara sporadis melintas di satu jalur dengan Bumi. Terakhir kali mendekati planet kita adalah 1 September 2000. Setelah 14 September 2019,  asteroid ini diperkirakan akan mendekati kita lagi pada 19 Oktober 2038.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

WHO: Mikroplastik dalam Air Minum tak Berisiko pada Kesehatan Manusia Saat Ini

4 Kiat Menyampaikan Kritik Membangun Bagi Teman Kerja