in

4 Kiat Menyampaikan Kritik Membangun Bagi Teman Kerja

Mengkritik boleh saja asalkan tahu kiatnya agar bisa tepat sasaran

CakapCakap – Ingin menyampaikan kritik kerja pada rekanmu, namun takut bikin ia sakit hati? Sebenarnya, menyampaikan kritik yang membangun bukanlah sesuatu yang perlu Cakap People khawatirkan. Benar bukan? hanya saja memang sebuah kritikan juga harus mempertimbangkan banyak hal.

Apalagi jika kritik tersebut dapat membuat rekan kerjamu menjadi lebih baik lagi terutama dalam hal kinerjanya. Jika sudah demikian, maka kemajuan kinerja hingga perusahaan pada umumnya akan didapatkan. Nah, berikut ini sederet kiat yang bisa kamu terapkan sebelum mengkritik.

1. Peka

Sampaikan kritikan dengan rasa empati via duniakaryawan.com

Ada baiknya untuk menyampaikan kritik tanpa harus menyakiti. Jangan sampai kritik yang kamu berikan yang notabene membuka jalan untuk perbaikan justru bikin ia sakit hati. Kamu dapat menyampaikan kritikmu dengan empati. Meski terasa sulit, namun untuk kebaikan bersama tentu tak ada salahnya jika kamu coba.

2. Langsung ke sasarannya

Sampaikan kritik tepat sasaran via magazine.job-like.com

Dalam menyampaikan kritik, ada baiknya untuk tepat sasaran. Kamu harus menjelaskan secara langsung dimana letak masalahnya. Katakan kekurangan dari kinerja rekanmu secara langsung menuju masalah utama tanpa harus setengah-setengah. Karena jika kamu melakukannya setengah-setengah, bisa jadi rekanmu justru tak paham dengan yang kamu jelaskan.

Tak perlu berbelit-belit dalam menjelaskan, namun tegaslah pada pokok permasalahan. Dengan demikian, rekanmu tahu mana yang harus diperbaiki. Paparkan dengan baik dan ia juga akan menjadi lebih terbuka dengan masalah kinerjanya.

3. Berikan solusi

Mencoba berikan sebuah solusi via futuready.com

Dalam mengkritik, ada baiknya jika kamu sekalian memberikan solusinya. Melalui kritik, kamu juga telah ikut membukakan jalan alternatif bagi rekanmu agar lebih baik lagi kedepannya. Ia juga akan berpikir mengenai solusi yang bakal ia lakukan untuk memperbaiki kinerja buruknya. Kalian juga dapat menemukan solusi bersama lho!

4. Dengan bertatap muka

Ilustrasi saat bertatap muka dengan rekan kerja via cafebiz.vn

Akan lebih efektif jika kamu menyampaikan kritik secara langsung atau bertatap muka. Hindari melakukan kritik dengan pesan teks hingga menggunakan memo. Akan lebih baik jika kamu bertemu langsung sehingga kamu bisa menjelaskan secara detail mengenai permasalahan yang tengah dihadapi.

Dengan demikian, kamu juga bisa mendapatkan respon dari yang bersangkutan secara langsung serta mendapatkan penjelasan.

Ingin mengkritik rekan kerja? Sebaiknya Cakap People simak dulu kiat di atas. Selain itu, perlu diingat bahwa akan lebih baik jika kamu sendiri juga terbuka dengan kritikan ya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Bulan Depan, Asteroid Sebesar Burj Khalifa Akan Lewat Dekat Bumi

Sylvester Stallone Masih Tangguh dalam Film Terbarunya “Rambo: Last Blood”