in ,

5 Kota Besar di Dunia yang Paling Bebas Macet, Semuanya di Amerika Serikat

AS merajai 10 kota teratas dengan kemacetan lalu lintas paling sedikit di dunia

CakapCakapCakap People! Kota besar mana saja di dunia ini yang masuk dalam daftar paling bebas macet di dunia? Seperti diketahui, TomTom Traffic Index, sebuah perusahaan teknologi mengemudi di Belanda, merilis data kota dengan tingkat kemacetan terendah tahun 2023 yang mencakup 387 kota di 55 negara di 6 benua.

Hasilnya, Amerika Serikat merajai 10 kota teratas dengan kemacetan lalu lintas paling sedikit di dunia.

5 Kota Besar di Dunia yang Paling Bebas Macet, Semuanya di Amerika Serikat
Ilustrasi Kota New York

Berikut adalah lima kota besar di dunia yang paling bebas macet di dunia, dilansir dari TomTom Traffic Index.

1. Oklahoma City, Oklahoma

Pengendara di Oklahoma City mampu menempuh jarak 10 km dalam waktu rata-rata 8 menit 40 detik. Pada saat jam sibuk yaitu pukul 4-5 sore di hari kerja, pengendara dapat mengemudikan kendaraannya pada kecepatan rata-rata 61 km/jam.

Terletak di jantung Amerika Serikat, Oklahoma City adalah kota Amerika Serikat bagian Selatan dan rumah bagi sekitar 700 ribu penduduknya. Kota ini dikenal memiliki kekayaan sejarah dan budaya penduduk asli Amerika, biaya hidup yang terjangkau, dan rasa kebersamaan yang kuat.

2. Knoxville, Tennessee

Selanjutnya, ada Knoxville, di mana para komuter membutuhkan waktu 8 menit 50 detik untuk menempuh jarak 10 km.

Kawasan dengan jumlah populasi sebanyak 200 ribu jiwa ini menawarkan penghuninya nuansa pinggiran kota yang padat, yang bersanding dengan pemandangan indah Pegunungan Great Smoky. Kecepatan rata-rata pengendara di sana pada jam sibuk adalah 60 km/jam.

3. San Diego, California

San Diego adalah kota pesisir di California yang terkenal karena iklim Mediterania yang cerah, pantai-pantai yang indah, dan kawasan pusat kota yang berkembang. Tak heran jika San Diego menjadi tujuan populer bagi wisatawan. Dengan populasi lebih dari 1,3 juta jiwa dan luas daratan 844 km2, kota ini merupakan kota terpadat kedua di negara bagian California setelah Los Angeles.

Akan tetapi, San Diego juga merupakan kota yang paling bebas macet. Para pengendara di sana hanya membutuhkan waktu 9 menit untuk menempuh jarak 10 km. Saat jam sibuk, kecepatan rata-rata pengemudi di kota ini 54 km/jam.

4. Albany, New York

Ibu kota negara bagian New York ini memiiliki julukan ‘Smallbany’, karena jumlah populasinya yang relatif kecil yakni 100 ribu penduduk yang menempati luas area 55,4 km2.

Pantas saja jika Albany menempati posisi keempat sebagai kota bebas macet di dunia. Para komuter di Albany membutuhkan waktu rata-rata 9 menit 10 detik untuk menempuh jarak 10 km. Kecepatan rata-rata pengemudi di kota ini saat jam sibuk adalah 60 km/jam.

5. Dayton, Ohio

Kota Dayton di negara bagian Ohio memiliki tingkat kemacetan yang sangat minim. Dengan menaiki mobil, kamu bisa berpindah dari satu sisi area metro ke sisi lainnya yang berjarak 10 km dalam waktu tempuh rata-rata 9 menit 10 detik.

Para komuter hanya menghabiskan rata-rata kurang dari 10 menit ekstra sehari dalam kemacetan. Kecepatan rata-rata pengemudi di kota ini saat jam sibuk adalah 61 km/jam.

SUMBER ARTIKEL

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Atasi Angka Kelahiran yang Merosot Tajam, Jepang Bikin Aplikasi Kencan Khusus!

Atasi Angka Kelahiran yang Merosot Tajam, Jepang Bikin Aplikasi Kencan Khusus!

DANIEL TAY

Terapkan Gaya Hidup Freegan, Pria Singapura Ini Cuma Habiskan Rp100 Ribu dalam Setahun! Kok Bisa?