in

Wow, Hewan Ini Tergesit di Dunia! Lebih Cepat 5 Ribu Kali dari Kedipan Mata

CakapCakap – Jika siput dianggap sebagai hewan terlambat di dunia, lantas hewan apakah yang masuk ke dalam kategori tercepat? Taukah Cakap People jika ternyata ada hewan yang sangat gesit namun ukurannya tidak lebih besar dari ujung jari orang dewasa? Penasaran ya pasti.

Hewan tersebut adalah semut drakula. Hewan satu ini hidup di bawah tanah dan dijuluki sebagai hewan kanibalisme non destruktif. Julukan tersebut diberikan lantaran semut drakula gemar menghisap darah dari larvanya sendiri, Cakap People.

Ilustrasi semut via Alexanderwild.com

Tidak hanya kanibal, semut drakula juga memiliki fakta mengejutkan lainnya. Menurut studi terbaru dari University of Lllinois, semut drakula dapat mematahkan rahangnya 5 ribu kali lebih cepat dibandingkan dengan kedipan manusia. Wow,  angka fantastis kan! Hal inilah yang menyebabkan kenapa semut satu ini mendapat julukan sebagai hewan tercepat.

Para ahli menemukan fakta tersebut setelah menggunakan kamera berkecepatan tinggi. Dimana mereka menangkap gerakan hampir tak terlihat dari semut untuk pertama kalinya. Ujung mandibula atau rahang antropoda akan membuka menutup hingga pada akhirnya putus.

Proses di atas hanya berlangsung selama 0,000015 saja dengan kecepatan 320 km per jam. Hingga kini para ahli masih belum mengetahui kenapa hewan ini berevolusi dengan mandibula serta memiliki gerakan yang begitu cepat.

Gerakan semut drakula yang begitu cepat disinyalir memiliki hubungan erat dengan perburuan serta pertahanan dari hewan itu sendiri. Dalam dunia hewan, menangkap serta menghindari pemangsa memang membutuhkan yang namanya kecepatan.

Ilustrasi semut drakula via Tempo.co

Para ahli lantas melaporkan temuan mereka tersebut di Royal Society Open Science. Mereka juga menambahkan jika spesies ini hidup di daerah tropis dan tersebar di Asia Tenggara serta Australia. Hingga kini para ahli masih berharap akan ada lebih banyak penelitian untuk mengungkap struktur anatomi dari semut dracula ini.

Gerakan cepat yang ditemukan pada semut drakula juga dapat diamati pada jenis antropoda yang lain seperti serangga Cercopoidea, semut rahang perangkat dan udang mantis. Beberapa makhluk tersebut menyimpan energi pada otot mereka untuk kemudian dilepaskan melalui selot yang memungkinkan energinya lepas lewat semacam pegas elastis.

Kini semakin mengerti kan sekarang soal hewan tercepat ini, Cakap People? Kalau ada hewan terlambat, pastinya ada juga hewan yang berkebalikan dengan hal itu. Semut drakula ternyata yang mengantongi kategori tercepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Keren! Ternyata Ada Fitur Instagram untuk Filter Komentar Negatif IG

Miris! Pemuda Ini Pilih Jadi Pengemis Online Hingga Raup Rp 55 Juta